38 Orang di Depok Menderita Gizi Buruk

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 22 Nov 2018 10:14 WIB
gizi kurang
38 Orang di Depok Menderita Gizi Buruk
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Depok: Dinas Kesehatan Kota Depok mencatat ada 38 orang yang menderita gizi buruk. Angka tersebut didapat dari peninjauan yang dilakukan sejak Januari hingga Oktober 2018.

"Dari pantauan kami, angka ini sebetulnya paling sedikit di wilayah Jawa Barat dan untuk masalah ini kita selalu memberikan pendampingan juga," kata Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi (Kesga) Dinkes Kota Depok Eti, Rohati di Balai Kota Depok, Jalan Margonda, Rabu, 21 November 2018.

Eti menjelaskan, jika dibandingkan tahun sebelumnya masalah gizi buruk mengalami penurunan. Pada tahun 2017 lalu, terhitung ada sekitar 82 kasus. Eti menjelaskan, pihaknya terus berupaya untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan memfasilitasi keluarga yang mengalami gizi buruk.

"Uang yang kita anggarkan Rp50 ribu itu untuk transport orang tua yang bolak-balik ke puskesmas," pungkas Eti.

Eti menegaskan, selain itu pihaknya pun melatih para petugas puskesmas seperti di Puskesmas di wilayah Sukmajaya untuk melakukan tata laksana balita gizi buruk dan menerima rujukan dari puskesmas lainnya melalui pelayanan TFC (Terapheutic feeding center).

TFC merupakan sarana pemulihan gizi buruk dengan perawatan serta pemberian makanan secara intensif sesuai umur dan kondisi anak. Perawatan TFC dilaksanakan dengan tiga aspek yaitu asuhan medis, asuhan nutrisi, dan asuhan keperawatan.

"Ini memang difokuskan di Puskesmas Sukmajaya karenakan yang ada rawat inapnya. Namun Seluruh wilayah Depok atau luar Depok bisa ke puskesmas Sukmajaya untuk perawatan. Biaya perawatannya gratis dan kontrol pun dikasih uang transportnya," pungkas Eti.


(DEN)