Temuan Kasus HIV/AIDS di Cirebon Meningkat

Ahmad Rofahan    •    Senin, 03 Dec 2018 13:09 WIB
hari aidshiv/aids
Temuan Kasus HIV/AIDS di Cirebon Meningkat
Peringatan Hari AIDS Sedunia di Cirebon. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Temuan penderita HIV/Aids di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, meningkat. Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon mencatat sepanjang 2000-2018 terdapat 2.290 temuan kasus HIV/AIDS.

Kepala bIdang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Cirebon Nanang Ruhyana menyampaikan, Kecamatan Depok mengalami kenaikan cukup signifikan dari seluruh kecamatan yang ada. Sementara Kecamatan Kedawung masih menjadi wilayah rawan dalam penyebaran HIV-Aids.

Seseorang yang terjangkit virus HIV rata-rata akan meningkat menjadi penyakit AIDS dalam waktu 5-10 tahun. Obat yang ada saat ini juga hanya menekan perkembangan penyakit.

"Kita terus melakukan upaya agar penyebaran HIV-AIDS ini tidak menyebar luas. Dengan menggandeng atau bekerja sama pihak-pihak lain seperti LSM yang konsentrasi terhadap AIDS dan lainnya,” kata Nanang saat Peringatan Hari AIDS Sedunia di Cirebon, Senin 3 Desember 2018.

Pemerintah daerah bersama rekanannya banyak memberikan sosialisasi, eduksi, dan deteksi dini ke populasi kunci HIV-AIDS. Kegiatan rutin digelar sebulan sekali.

Sasaran utamanya yakni wanita-pria (waria), gay, pengguna narkoba suntik, lelaki berisiko tinggi, dan wanita pekerja seks.

"Kita juga lakukan ke ibu hamil, dan penderita TBC," ungkap Nanang.


 


(SUR)