Menpan RB Ingatkan Bupati-Wakil Bupati Tolitoli Jadi Panutan ASN

Rizky Dewantara    •    Jumat, 02 Feb 2018 19:33 WIB
kekerasan
Menpan RB Ingatkan Bupati-Wakil Bupati Tolitoli Jadi Panutan ASN
Menpan RB dan Wali Kota Bogor berfoto bersama, Jumat 2 Februari 2018, Medcom.id - Rizky

Bogor: Pertikaian pejabat Tolitoli, Sulawesi Tengah, antara Bupati Muhammad Saleh Bantilan dengan wakilnya Abdul Rahman ditanggapi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur. Ia mengatakan pejabat negara harus menjadi teladan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Seorang pejabat merupakan pembina bagi pegawai ASN lain. Tidak boleh melakukan hal yang buruk," ujar Asman, di Balai Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat, 2 Februari 2018.

Baca: Kronologi Keributan Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli

Jika menyangkut perkelahian atau pidana, Asman menyatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada polisi. Kemenpan-RB sendiri akan memberikan sanksi dan saat ini aparatur kementerian tengah memprosesnya. 

"Ada proses dalam kasus ini, sanksinya tergantung jenis kesalahanya nanti," tegas Asman.

Sebuah video pertikaian antara Bupati Toilitoli dengan wakilnya viral di sosial media. Dalam video sekitar 2 menit nampak Bupati Tolitoli Saleh Bantilan, tengah menyampaikan sambutan di hadapan puluhan pejabat yang diambil sumpahnya.

Saat acara berlangsung, Wakil Bupati Abdul Rahman tiba-tiba masuk ke dalam ruangan dengan penuh emosi. Dirinya juga sempat menendang meja sebelum menghampiri bupati. Saat berhadapan, Wakil Bupati terlihat ingin memukul Bupati. Tapi anggota Satpol PP sigap mengamankan keduanya.

Abdul menganggap, pelantikan tersebut tanpa sepengetahuan dan persetujuannya. Ia menuding Bupati tidak mengetahui kinerja para ASN Pemkab Tolitoli karena sering keluar daerah.


(RRN)