Tim Citarum Harum Awasi 81 Perusahaan di Karawang

Cikwan Suwandi    •    Kamis, 21 Dec 2017 16:00 WIB
pencemaran sungai
Tim Citarum Harum Awasi 81 Perusahaan di Karawang
Warga mengamati buih busa limbah pabrik di aliran sungai Citarum, Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat -- ANT/M Agung Rajasa

Karawang: Sebanyak 81 perusahaan diduga membuang limbah secara ilegal ke Sungai Citarum di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Tim Citarum Harum yang beranggotakan Kodam III/Siliwangi, Polres Karawang, serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang terus mencari bukti pelanggaran yang dilakukan 81 perusahaan tersebut.

"Dari total panjang Sungai Citarum yang mencapai 269 kilometer, 117 kilometer di antaranya berada di wilayah Kabupaten Karawang," kata Kepala DLHK Karawang Wawan Setiawan, Rabu, 20 Desember 2017.

Perusahaan yang terbukti melakukan pencemaran Sungai Citarum, akan diberi sanksi tertulis, sanksi paksaan dari pemerintah daerah, hingga pencabutan izin. "Biasanya, jika sudah ada teguran tertulis, perusahaan yang bersangkutan langsung memperbaiki kesalahannya," tutur Wawan.

Jika teguran tertulis tidak efektif, akan dilanjutkan ke paksaan pemerintah daerah. Sanksi paling berat adalam pencabutan izin usaha.

Tim Citarum Harum juga melakukan pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat terkait penanganan limbah rumah tangga. Sebab, segmentasi Sungai Citarum di Karawang sepanjang 117 kilometer itu sangat rentan pencemaran.


(NIN)