Sejumlah Perjalanan Kereta Jalur Utara Memutar Lewat Bandung

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 24 Feb 2018 11:49 WIB
banjirbencana banjirjalur kereta api
Sejumlah Perjalanan Kereta Jalur Utara Memutar Lewat Bandung
Meluapnya Sungai CIsanggarung sebabkan jalur kereta api yang terendam banjir. (ANT//Humas Daop 3 Cirebon)

Cirebon: Sejumlah perjalanan kereta yang melewati jalur utara Jawa, terpaksa melintasi jalur selatan. Sementara itu jalur selatan hanya bisa digunakan satu jalur. Walhasil sejumlah perjalanan diputar melalui Bandung.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro mengatakan, hingga saat ini jalur rel bagian utara belum bisa dilintasi, karena masih terendam air setinggi 20 sentimeter.

Baca: Banjir Cirebon tak Ganggu Aktivitas KA ke Bandung

"Untuk jalur selatan, hanya jalur hulu (barat ke timur) saja yang bisa dilintasi. Maksimal kecepatannya 40km/jam," kata Kris di Cirebon, Sabtu 24 Februari 2018.

Untuk memperlancar perjalanan kereta api, PT KAI merekayasa alur pemberangkatan. Sejumlah kereta yang menuju Jakarta, diarahkan menuju jalur selatan kemudian melalui Bandung. Beberapa kereta yang melalui Bandung, yaitu KA Jakatingkir, Purwojaya, Senja Utama Solo, Bogowonto, Gajayana, Bima, Taksaka, dan Argo Lawu Fakultatif.

"Kereta-kereta tersebut, memutar dari arah Bandung, " ujar Kris.

Sementara itu penumpang kereta dilakukan perpindahan. Penumpang yang tertahan di Cirebon, diangkut menggunakan bus menuju Tegal. Sedangkan dari Tegal diangkut menuju Cirebon.

"Kereta yang dilakukan perpindahan, di antaranya adalah KA Argo Anggrek dan Sembrani," tandas Kris.

Baca: Rel Kereta Jalur Selatan Cirebon Menggantung Akibat Banjir


(LDS)