Jembatan di Penangkaran Rusa Cariu Ambruk, Puluhan Orang Luka

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 02 Jan 2018 09:09 WIB
jembatan rubuh
Jembatan di Penangkaran Rusa Cariu Ambruk, Puluhan Orang Luka
Jembatan gantung di objek wisata penangkaran rusa Cariu di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, sebelum ambruk -- MI/Dede Susianti

Bogor: Jembatan gantung yang berada di objek wisata Penangkaran Rusa Cariu, Kampung Giri Jaya, Desa Sirna Rasa, Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ambruk pada Senin, 1 Januari 2018. Sebanyak 28 orang luka-luka dalam peristiwa tersebut.

"Dua korban di antaranya mengalami luka berat dan saat ini dirawat di RS Cileungsi. Sedangkan, korban lainnya dirawat di Puskesmas Tanjung Sari," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus.

Menurut Yusri, insiden tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Jembatan yang difungsikan sebagai sarana penyeberangan orang itu ambruk saat puluhan wisatawan sedang berada di atas jembatan. Akibatnya, para wisatawan terjatuh ke sungai.

Ambruknya jembatan gantung di lokasi penangkaran rusa itu diduga karena kelebihan kapasitas. "Jembatan tersebut terbuat dari bambu atau jembatan gantung. Adapun panjang jembatan sekitar 26 meter dengan tinggi 6 meter di atas sungai," terang Yusri.

Kondisi air sungai di bawah jembatan itu tidak dalam. Sehingga, memudahkan warga membantu evakuasi korban yang terjatuh.


(NIN)