16 Pejabat Struktural Lapas Sukamiskin Bandung Diganti

P Aditya Prakasa    •    Senin, 30 Jul 2018 13:21 WIB
sidak lapas
16 Pejabat Struktural Lapas Sukamiskin Bandung Diganti
Kepala Divisi Administrasi Kementrian Hukum dan HAM Jawa Barat Dodot Adi Koeswanto

Bandung: Sebanyak 16 pejabat struktural di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin telah diganti oleh Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Barat. Pergantian dilakukan dari mulai Kepala Bidang Kegiatan kerja sampai Kasi Bimbingan Pemasyarakatan.

Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Jawa Barat Dodot Adi Koeswanto mengatakan, pergantian pejabat struktural diharapkan mampu membenahi Lapas Sukamiskin.

"Yang di tadi serah terima strukturalnya ada 16 penjabat, menurut pertimbangan dari pimpinan memang diperlukan reposisi. Prioritasnya membenahi terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di Lapas Sukamiskin," ucap  di Lapas Sukamiskin Bandung, Senin 30 Juli 2018.

Mengenai sipir, lanjut Dodot, masih menunggu keputusan dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat. Sipir yang masih berada di Lapas Sukamiskin akan dinilai apakah masuk ke dalam kriteria Jabatan Fungsional Umum (JFU) atau tidak.

"Nanti akan diassesment kembali, assesment ini dimaksudkan untuk melihat apakah yang bersangkutan memiliki kompetensi sebagai JFU di Lapas Sukamiskin atau tidak. Di Sukamiskin ada 50 JFU," ucap dia.

"Jadi misalnya ketika yang bersangkutan berada di pos misalnya di keamanan, apakah cocok yang bersangkutan ada di pos keamanan, atau di pintu utama, cocok enggak dia ada di pembinaan," kata Dodot menambahkan.

Pergantian pejabat struktural tersebut menyusul adanya razia oleh Ditjen PAS Kemenkumham pasca Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Kepala Lapas Sukamiskin sebelumnya, yaitu Wahid Husein.


(ALB)