Pemprov Jabar Siapkan Masterplan untuk Hadapi Bencana

Roni Kurniawan    •    Rabu, 03 Oct 2018 14:07 WIB
pemerintah daerah
Pemprov Jabar Siapkan Masterplan untuk Hadapi Bencana
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu 3 Oktober 2018.

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) bergerak cepat guna mengantisipasi terjadina bencana di tanah Pasundan. Bahkan Emil telah menginstruksikan jajarannya untuk melakukan studi banding ke Jepang guna membuat masterplan.

Emil mengaku Jabar merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi bencana termasuk gempa dan tsunami. Bahkan tsunami pernah menerjang Pangandaran pada tahun 2006 silam.

"Kita memang hidup di daerah yang memang rawan bencana ya. Jadi makanya Pemprov akan bikin secepatnya dan sudah dimulai studi masterplan tangguhan terhadap bencana," ujar Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu 3 Oktober 2018.

Emil menuturkan, dalam masterplan tersebut pun terdapat bagaimana upaya untuk memberikan edukasi serta rencana tata ruang untuk mengantisipasi terjadinya bencana. Bahkan Emil akan menduplikasi cara yang diterapkan Jepang untuk menghadapi bencana.

"Di dalamnya ada rencana tidak hanya tanggap terjadinya bencana tapi ada edukasi tentang tata ruang, edukasi ke anak anak bagaimana mereka bersiap kalau terjadi bencana di daerah yang rawan dan aturan aturan lain. Salah satunya kita akan mengcopy dari Jepang yang sudah siap," beber Emil.

Emil memilih Jepang untuk studi banding karena dinilai negara matahari terbit tersebut paling siap menghadapi bencana. Edukasi terhadap warga menjadi salah satu tujuan utama selain teknis untuk menghadapi bencana.

"Masyarakat yang siap tanggap bencana adalah jepang maka kita akan kopi ilmunya supaya dikondisikan ke madyarakat jawa barat. Di dalamnya ada hal gal teknis yang belum bisa saya jabarkan sekarang," pungkasnya.


(ALB)