Jabar Selatan Jadi Prioritas Pemekaran Program Ridwan Kamil

Roni Kurniawan    •    Jumat, 07 Sep 2018 13:24 WIB
pemerintah daerahpemekaran daerah
Jabar Selatan Jadi Prioritas Pemekaran Program Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat di Ballroom Hotel Prama Grand Preanger, Kota Bandung, Jumat, 7 September 2018.

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sangat serius untuk melakukan pemekaran di beberapa daerah. Sebanyak 13 daerah baru ingin dihadirkan Emil di masa kepemimpinannya sebagai orang nomor satu di Jabar selama lima tahun kedepan.

Saat ini Jabat memiliki 27 daerah Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk mencapai 48 juta jiwa. Hal itu diakui Emil tidak seimbang terutama dari segi perekonomian di tengah masyarakat.

Kawasan Jabar selatan menjadi prioritas Emil untuk dilakukan pemekaran diantaranya, Sukabumi Selatan, Cianjur Selatan, Garut Selatan, Bogor Selatan, serta Tasikmalaya Selatan.

"Yang jadi prioritas Jabar selatan. Kalau pemekaran kan teorinya gini terjadi ketimpangan," ujar Emil saat ditemui usai kongres ke-13 Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) di Ballroom Hotel Prama Grand Preanger, Kota Bandung, Jumat 7 September 2018.

Emil mengatakan, masalah pelayanan publik menjadi hal dasar dilakukan pemekaran terutama di kawasan Jabar selatan. Salah satunya Jampang, Kabupaten Sukabumi yang harus menempuh perjalanan hingga empat jam ke pusat pemerintahan untuk mengurus berbagai administrasi.

"Pelayanan publik yang terlalu jauh, sehingga itu sangat membebani masyarakat. Jadi itu yang akan diprioritaskan," pungkasnya.

Emil menuturkan, dalam satu provinsi yang jumlah penduduknya mencapai 48 juta, idealnya memiliki jumlah daerah 33 hingga 40. Hal itu, kata dia, akan berdampak kepada pelayanan lebih cepat, urusan lebih mudah. 

"Dana APBN juga bakal turun lebih banyak karena uang APBN berbanding lurus dengan jumlah daerah. Di Jawa Timur satu orang bisa mendapatkan biaya Rp1 juta, tapi di Jawa Barat hanya Rp600 ribu," pungkasnya.


(ALB)