Kang Emil Buka Debat dengan Ajakan Lawan Terorisme

Dheri Agriesta    •    Senin, 14 May 2018 20:26 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Kang Emil Buka Debat dengan Ajakan Lawan Terorisme
Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1 Ridwan Kamil. ANT/Adeng Bustomi.

Depok: Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1 Ridwan Kamil menjadi pasangan pembuka dalam debat Pilkada Jawa Barat 2018. Ridwan membuka debat dengan ajakan melawan terorisme.

Emil mengenakan kemeja putih dan jas berwarna gading. Sebuah pita hitam menempel pada dada sebelah kiri jas Emil.

"Pasangan nomor urut satu ucapkan duka cita atas terorisme yang membuat kita bersedih," kata Emil sembari memegang kertas bertuliskan 'Lawan Terorisme' di Balairung UI, Depok, Senin, 14 Mei 2018.

Baca: 13 Terduga Teroris Ditangkap, Empat Tewas Didor

Emil meminta masyarakat tak takut dengan aksi teror. Masyarakat diminta bersatu melawan aksi brutal yang tak manusiawi itu.

"Kita harus kuat dan kita harus lawan," kata Emil.

Aksi teror pecah di sejumlah titik sejak pekan lalu. Aksi diawali dengan perlawanan narapidana terorisme di rumah tahanan cabang Salemba, Mako Brimob, Depok, Rabu, 9 Mei 2018. Peristiwa ini menggugurkan lima polisi dan satu narapidana teroris.

Polisi berhasil menumpas serangan itu dengan pendekatan lunak pada Kamis, 10 Mei 2018. Sebanyak 155 narapidana terorisme pun menyerah.

Baca: Bom Surabaya, Teror Perdana Mengeksploitasi Anak

Minggu 13 mEI 2018, publik kaget dengan serangan teror di Surabaya. Tiga gereja dibom satu keluarga terduga teroris. Belasan orang tewas dan puluhan luka-luka dalam peristiwa ini. Pada malam hari, ledakan juga pecah di dua titik di Sidoarjo, Jawa Timur.

Teror tak berhenti di situ, Senin, 14 Mei 2018, sebuah bom meledak di depan Mapolrestabes Surabaya. Bom terlihat dibawa kendaraan roda dua. Pengebom meledakkan bom saat polisi memberhentikan kendaraan mereka saat memasuki gerbang gedung.





(DRI)