Mendag Bakal Bantu Pedagang Bersaing dengan Ritel Modern

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 29 May 2018 12:11 WIB
kebutuhan pokok
Mendag Bakal Bantu Pedagang Bersaing dengan Ritel Modern
Mendag Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat menyidak pasar di Cirebon, Selasa 29 Mei 2018. (Medcom.id/Ahmad Rofahan)

Cirebon: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyidak dua pasar di Kota Cirebon, Jawa Barat, yakni Pasar Kramat dan Pasar Kanoman. Sidak dilakukan utnutk mengecek harga pangan dan ketersediaan stok. 

Dalam sidaknya kali ini, Mendag juga mengajak founder Lippo Group Mochtar Riyadi, untuk melihat secara langsung kondisi pasar di Cirebon. Enggar sengaja mengajak Mochtar, untuk bisa membantu  para pedagang pasar tradisional di Kota Cirebon.

Mendag mengaku banyak menerima keluhan dari para pedagang, mengenai persaingan antara pasar tradisional dengan ritel modern. Solusinya, Mendag mengajak Mochtar bisa menyuplai untuk pedagang tradisional dengan harga yang bersaing.

"Pak Mochtar nanti akan bantu itu. Sehingga pedagang tradisional, tidak takut lagi bersaing dengan ritel modern," kata Mendag, di Cirebon, Selasa, 29 Mei 2018.

Untuk merealisasikan, Mendag berkoordinasi dengan perwakilan di Cirebon untuk mendata para pedagang yang mau berpartisipasi. Ia juga memasatikan, proses yang akan dilakukan cukup efisien dan mudah.

"Kami tidak memaksa, jika ada yang mau, silakan. Nanti akan diinventarisir," ucap Enggar.

Ia juga memastikan, bahwa barang tersebut akan disuplai melalui toko-toko di pasar. Tidak menggunakan operasi pasar.

Sementara itu, terkait dengan stok kebutuhan pokok dipastikan aman yakni beras, gula, dan minyak goreng. Harga telur pun sudah turun. Ia memastikan, akan terus menjaga harga bahan pokok tersebut tetap stabil, dengan memberikan pasokan cukup.

"PR utama saya adalah harga daging ayam. Namun, harga beras juga akan terus ditekan," imbuhnya.


(LDS)