Ridwan Kamil Ingin Pasar Tradisional Jadi Pemikat Wisatawan

Roni Kurniawan    •    Senin, 09 Apr 2018 16:48 WIB
pilgub jabar 2018
Ridwan Kamil Ingin Pasar Tradisional Jadi Pemikat Wisatawan
Ridwan Kamil berkunjung ke Pasar Pelita Sukabumi, 9 April 2018, Medcom.id - Roni

Sukabumi: Pasar tradisional berpotensi menyedot minat wisatawan untuk berbelanja. Lantaran itu, pemerintah perlu memerhatikan infrastruktur dan potensi ekonomi di pasar tradisional.

Potensi itu disoroti calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika berkampanye di Pasar Pelita, Sukabumi, Senin, 9 April 2018. Saat blusukan, Emil mendapat keluhan dari pedagang lantaran pembangunan pasar mangkrak.

Pasar Pelita terbilang tersohor di Sukabumi. Sebanyak sekitar 1.000 pedagang berjualan mulai dari sayuran, pakaian, hingga kebutuhan rumah tangga di pasar yang berlokasi di Jalan Otista itu.

Saat ini, kondisi pasar tidak layak. Bangunannya berupa gedung yang rusak karena telah mengalami kebakaran pada 2015 silam. Para pedagang pun sebagian besar memilih untuk berjualan di atas trotoar dan bahu jalan.

"Kalau yang dibutuhkan pasar ini adalah kerja sama dengan APBD dan pengembang," kata Emil di Pasar Pelita.

Sukabumi, lanjut Emil, memiliki potensi destinasi menarik untuk mendatangkan wisatawan. Tapi, kondisi Pasar Pelita membuat wisatawan urung bertandang.

"Kalau mau belanja pasarnya kotor, bau, bagaimana wisatawan datang ke sini," sambungnya.

Lantaran itu, Emil berjanji mendorong pembangunan pasar tradisional bila ia terpilih menjadi Gubernur Jabar. Sebab, itu selaras dengan program kerja yang dikampanyekan Emil bersama pasangannya, Uu Ruzhanul Ulum.

"Membangun pasar menjadi pusat wisata belanja diperlukan agar ekonomi bergulir di masyarakat sekitar," ungkap Emil.


(RRN)