Bupati Sumedang Janjikan Lahan Gratis untuk Warga Korban Longsor

Jaenal Mutakin    •    Kamis, 22 Sep 2016 14:30 WIB
longsor
Bupati Sumedang Janjikan Lahan Gratis untuk Warga Korban Longsor
Ketua DPRD Jabar berbicara dengan warga Sumedang yang mengungsi karena khawatir longsor susulan, MTVN - Jaenal Mutakin

Metrotvnews.com, Sumedang: Bupati Sumedang Eka Setiawan akan merelokasi warga dari dua desa yang tertimbun longsor. Bupati pun membentuk tim khusus untuk merealiasikan rencana tersebut.

Eka berjanji menyiapkan lahan baru untuk warga korban longsor. Sehingga warga tak perlu lagi kembali ke rumah di lokasi rawan longsor.

"Lahan tersebut digratiskan untuk warga," kata Bupati saat mendampingi Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari memantau kondisi warga yang mengungsi di Gedung Olah Raga (GOR) Tadjimalela, Sumedang, Kamis (22/9/2016).

Bupati mengatakan tim telah mengkaji beberapa lahan yang lahan untuk ditempati. Begitu penanganan korban longsor aman, ia akan menyosialisasikan rencana tersebut ke warga.


(Alat berat membersihkan material longsor di Sumedang, MTVN - Ismail)

Selain GOR Tadjimalela, Bupati mengatakan warga juga mengungsi ke bekas kantor proyek Waduk Jatigede. Pemerintah memenuhi kebutuhan warga mulai dari makanan, pakaian, selimut, air, hingga perlengkapan mandi.

Bupati mengatakan Pemkab Sumedang memiliki anggaran penanganan bencana sebesar Rp1,2 miliar. Dana itu mencukupi kebutuhan pengungsi hingga sepekan ke depan.

Bupati pun mengapresiasi bantuan yang berdatangan dari pemerintah provinsi maupun pusat. DPRD Jabar juga memberikan bantuan berupa mi instan, air minum, pakaian, dan selimut.

Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mendukung rencana Bupati Sumedang itu. Ineu pun meminta Bupati menyediakan lahan yang nyaman dan tenang untuk pengungsi.


(RRN)