Usut Korupsi Mebel, Pengadilan Tipikor Bandung Periksa Bupati Tasikmalaya

Eriez M Rizal    •    Senin, 19 Sep 2016 12:52 WIB
kasus korupsi
Usut Korupsi Mebel, Pengadilan Tipikor Bandung Periksa Bupati Tasikmalaya
Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum

Metrotvnews.com, Bandung: Hari ini, Senin 19 September 2016, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung akan memeriksa Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum terkait kasus korupsi pengadaan mebel senilai Rp1,5 miliar.

"Kehadiran Uu dalam sidang lanjutan dengan terdakwa Kepala Bagian Umum Jamaludin, merupakan agenda JPU (jaksa penuntut umum), karena keterangan orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya itu sangat diperlukan," kata majelis hakim, Longser Sormin.

Longser sudah mewanti-wanti agar Uu dihadirkan di persidangan. Pasalnya, dari nilai proyek Rp9 miliar, pemerintah Tasikmalaya baru membayar ke kontraktor bernama Yohana senilai Rp4,7 miliar. 

Dari keterangan sejumlah saksi yang dihadirkan, termasuk terdakwa, mengaku tidak menikmati sisanya. "Jadi, uang ini ke mana jelasnya? Makanya kami minta bagian keuangan dihadirkan. Bupati dan sekda juga dihadirkan," ujarnya. 

Pengadilan Tipikor Bandung sedang menyidangkan kasus korupsi pengadaan mebel di Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya. Duduk sebagai terdakwa Jamaludin, kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya. Saat kasus itu bergulir pada 2011, Jamaludin menjabat sebagai Kabag Umum Setda Pemkab Tasikmalaya.

Pada sidang Senin 5 September lalu, terungkap Pemkab Tasikmalaya masih berutang ke Yohana Rp4,2 miliar dari total proyek Rp9 miliar.


(UWA)