Status UPTD Pendidikan Dasar Garut Dipertanyakan

Latief Rochyana    •    Rabu, 24 Aug 2016 10:32 WIB
pemerintah daerah
Status UPTD Pendidikan Dasar Garut Dipertanyakan
Ilustrasi dana APBD, Ant

Metrotvnews.com, Garut: Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, merampingkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sebagai upaya efisiensi anggaran. Salah satu yang menjadi bahasan perampingan SKPD yaitu Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Dasar.

Sekretaris Pansus I DPRD Garut Dadang Sudrajat mengatakan anggota dewan meminta Bupati Garut Rudy Gunawan membubarkan UPTD tersebut. Hal itu mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah.

"Justru keberadaan UPTD itu tak ada kontribusinya bagi masyarakat Garut. Hanya menjadi beban anggaran," kata Dadang di DPRD Garut, Rabu (24/8/2016).

Senada dengan itu, anggota DPRD dari fraksi PDI Perjuangan, Agus Aceng, meminta pemerintah membubarkan UPTD itu. Menurut Agus, keputusan itu tak bisa ditawar lagi.

"Kebutuhan pembangunan di Garut itu banyak, makanya jika UPTD Pendidikan dihapus bisa menghemat biaya belanja pegawai dan itu bisa digunakan untuk kebutuhan pembangunan lainnya," kata Agus.

Permintaan itu ditolak Bupati Rudy. Ia menolak membubarkan UPTD Pendidikan Dasar. Ia menilai unit itu masih dibutuhkan di tingkat kecamatan.

Bupati mengakui wilayah Garut cukup luas. UPTD Pendidikan Dasar menjadi perpanjangan koordinasi antara Dinas Pendidikan dengan guru dan sekolah di tingkat kecamatan.

"Keberadaan UPTD dapat mempermudah jalur koordinasi antara kabupaten dengan kecamatan," ungkap Bupati.


(RRN)