IPB Kenalkan Taman Teknologi dan Ilmu Pengetahuan

Mulvi Muhammad Noor    •    Selasa, 27 Sep 2016 17:44 WIB
taman
IPB Kenalkan Taman Teknologi dan Ilmu Pengetahuan
Salah satu ruang pamer produk inovasi IPB di IPB Science Techno Park. (Foto: Metrotvnews.com/Mulvi)

Metrotvnews.com, Bogor: Institut Pertanian Bogor (IPB) memperkenalkan taman teknologi dan ilmu pengetahuan di kawasan kampus IPB Taman Kencana, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Taman yang dinamai IPB Science Techno Park ini dijadikan kawasan pengembangan inovasi dan area terpadu untuk pengembangan serta komersialisasi produk inovasi IPB. 
 
IPB Science Techno Park berdiri di area seluas 3,46 hekare. Sejumlah fasilitas pendukung di antaranya sharing laboratory building and facility, sharing pilot plant area and facility, multi tenant building, edutainment, dan galeri inovasi IPB. 
 
Direktur PT Bogor Life Science and Technology (unit usaha) IPB Meika Syahbana Rusli mengatakan, pengembangan tahap pertama IPB Science Technology Park dilakukan hingga 2019. Pihaknya akan menyelenggarakan berbagai program seperti jasa analisa bagi riset komersial dan pengembangan produk dan penyediaan layanan fasilitas laboratorium. 
 
"Juga akan diselenggarakan inkubasi bagi start up bisnis berbasis science dan technology, juga perlu disediakan layanan pengembangan SDM untuk solusi bisnis di bidang pertanian, tropis, pangan, dan biosains," kata Meika Syahbana Rusli di sela peluncuran IPB Science Techno Park, Selasa (27/9/2016). 
 
Meika berharap, IPB Science Techno Park menjadi tempat penelitian paling produktif dan terkemuka di bidan pangan dan biosains di Asia Tenggara. Terlebih IPB Science Techno Park sudah memiliki produk unggulan yang merupakan hasil penelitian para pakar sperti benih pepaya calina, padi IPB 3 S, beras analog, dan beberapa produk lainnya. 
 
"IPB Science Techno Park menjadi tempat untuk melanjutkan penelitian, agar hasil inovasi dapat diimplementasikan sebagai produk yang bisa ditawarkan dan dijual kepada masyarakat," kata Meika. 
 
Sementara itu, Rektor IPB, Herry Suhardiyanto menilai IPB Science Technology Park menjadi kebanggaannya dalam mendukung penelitian dan pengembangan produk inovatif. Dirinya berharap keberadaan IPB Science Technology Park dapat berdampak positif secara sosial, serta memaksimalkan komerisalisasi dan pengembangan produk inovasi IPB. 
 
"Memberikan keuntungan ekonomi seperti peningkatan nilai tambah produk dan penciptaan lapangan pekerjaan, keuntungan sosial berupa tersedianya wahana edutainment bagi masyarakat dan lingkungan,” pungkasnya.



(TTD)