Pemuda Bandung Tergerak Berdayakan Desa

   •    Kamis, 29 Sep 2016 22:47 WIB
pembangunan desa
Pemuda Bandung Tergerak Berdayakan Desa
Anak-anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serius mengikuti lomba mewarnai. (Foto: Antara/M Rusman)

Metrotvnews.com, Bandung: Para pemuda Kota Bandung, Jawa Barat, yang tergabung dalam Komunitas Nusa Bangsa, antusias melakukan kegiatan pembangunan desa. 

Koordinator Komunitas Nusa Bangsa David Setionegoro mengatakan komunitasnya memiliki visi mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan penduduk desa agar bisa menjadikan desa lebih mandiri. 

"Nusa Bangsa menjalin kerja sama dengan lembaga mahasiswa yang memiliki program pembangunan desa sebagai wujud nyata Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat," kata David dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/9/2016). 

Kali ini, Komunitas Nusa Bangsa berkolaborasi dengan Lembaga Kepresidenan (LKM) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Kolaborasi ini menggelar pentas pembukaan dari kegiatan program Kampung Inggris untuk Desa Tani Mulya, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Komunitas Nusa Bangsa berusaha untuk mengembangkan potensi desa dengan mengintegrasikan proses pembangunan dengan kolaborasi dari akademisi, pemerintah, dan industri," katanya. 

LKM Unpar sebelumnya telah memiliki program kerja Tosaya (Ngabantos Sadaya) yang juga bergerak mengembangkan desa-desa di sekitar Bandung. 

Sejak Februari 2016 LKM Unpar telah membantu membenahi saran pendidikan anak usia dini, pos keamanan, pelatihan pengembangan tanaman hidroponik dan pengolahan sampah, pengajaran tari dan bahasa Inggris, klinik karir, membuat drainase, musala, hingga lapangan olahraga. 

"Di Desa Tani Mulya kami juga akan menerapkan satu hari khusus berbahasa Inggris (english day) baik untuk masyarakat maupun di sekolah," kata David.


(UWA)