Kereta Bandara Dinilai Memudahkan Calon Penumpang asal Bekasi

Antonio    •    Selasa, 19 Jun 2018 22:17 WIB
kereta bandara
Kereta Bandara Dinilai Memudahkan Calon Penumpang asal Bekasi
Warga mencoba kereta bandara di Stasiun Bekasi, Selasa 19 Juni 2018, Medcom.id/ Antonio

Bekasi: Warga Bekasi, Jawa Barat, menyambut positif keberadaan kereta api langsung menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Sebab, kereta menjadi moda transportasi bagi calon penumpang pesawat.

Indri, warga Bekasi, mengatakan kereta bandara memudahkan calon penumpang. Sehingga calon penumpang terhindar dari kemacetan.

"Ini memudahkan banget ya, saya biasanya naik bus atau naik travel, untuk harga mungkin lebih murah travel tapi lebih baik naik kereta sih," kata dia di Bekasi, Selasa 19 Juni 2018.

Baca: Kereta Bandara Soetta Akan Terintegrasi Kereta Jarak Jauh

Warga lainnya, Windi, juga menyambut baik keberadaan KA Bandara yang saat ini bisa diakses di Stasiun Bekasi.

"Senang sekali karena memudahkan transportasi kita, kita biasanya naik damri atau taksi online tarifnya lebih mahal, kalau ini lebih murah ya, exicted (gembira) banget ya," ujarnya.

Fasilitas di KA Bandara Internasional Soekarno - Hatta

Operator KA Bandara, PT Railink diketahui memberlakukan uji coba berbayar KA Bandara. Vice President Commercial Passengers PT Railink, Fitri Kusuma Wardani mengatakan, pihaknya masih memberlakukan promo untuk pengguna KA Bandara.

Rencananya, promo tersebut akan diberlakukan sampai akhir bulan Juni. Namun, masih belum dapat dipastikan.

Saat ini, pengguna KA Bandara hanya perlu membayar Rp. 70 ribu untuk sampai di Bandara Internasional Soekarno Hatta dari Bekasi. Jika uji coba telah selesai dilaksanakan, maka biaya yang dikenakan ialah sebesar Rp 100 ribu.

Pembayarannya menggunakan sistem non tunai (cashless) dengan alat yang tersedia di loket masuk PT Railink di Stasiun Bekasi.

Dengan biaya tersebut, kata Fitri, ada sejumlah fasilitas yang didapat pengguna seperti tempat duduk, toilet, pendingin ruangan serta tempat pengisian baterai gawai (charging).

Untuk kursi penumpang, memang tidak ada nomornya. Tapi, pihaknya memastikan setiap penumpang yang sudah membeli tiket akan duduk di dalam kereta yang memiliki enam gerbong dan 272 tempat duduk itu.

"Tidak ada nomor bangku, bebas, tapi yang jelas dapat duduk," ujarnya.

Ada empat jadwal pemberangkatan yaitu Pukul 10.05 WIB, 11.10 WIB, 13.13 WIB dan 14.47 WIB. Kedatangan kereta dari arah Bandara berhenti di Jalur 4, sementara keberangkatannya di Jalur 1.


(RRN)