Ratu Penipuan Fidusia Tangerang Dibekuk

Farhan Dwitama    •    Rabu, 26 Sep 2018 15:09 WIB
penipuan
Ratu Penipuan Fidusia Tangerang Dibekuk
NP, 28 pelaku tindak pidana Fidusia, Rabu 26 September 2018. Medcom.id/Farhan Dwitama

Tangerang: Nadia Pradina,28, tak berkutik saat unit Ranmor Polres Tangerang Selatan membekuknya. Dia setahun buron dari sejumlah perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor.

Dia disangkakan kasus tindak pidana fidusia dengan sangkaan pasal berlapis sesuai pasal 5, pasal 7, pasal 11, pasal 16, pasal 18, pasal 32, pasal 33 pasal 125 dan pasal 127 KUHPidana terkait memberikan keterangan menyesatkan dan atau mengalihkan objek jaminan fidusia.

Kasat Reskrim Polres Tangerang Selatan AKP Alexander Yurikho menerangkan, pihaknya bergerak memburu Nadia berdasarkan laporan tujuh perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor.

"Sebelumnya Polres Metro Tangerang mengamankan suami pelaku yang tengah menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Tangerang, atas kasus yang sama,” kata Alex, di Mapolres Tangerang Selatan, Rabu, 26 September 2018.

Suami istri ini merupakan pelaku tindak pidana fidusia yang telah berhasil menipu sejumlah perusahaan pembiayaan.

"Mereka (perusahaan) mengalami kerugian atas 11 unit kendaraan yang dikreditkan dan digelapkan pelaku," kata dia.

Tidak hanya menggelapkan dokumen pribadinya, pelaku juga menjual mobil-mobil leasing kepada pihak yang tidak dikenal. Pelaku menggunakan modus penggelapan dokumen untuk permohonan kredit kendaraan mobil.

"Setelah mobil baru itu keluar, pelaku menjualnya kembali kepada orang orang tak dikenal dengan harga jauh di bawah harga pasaran. Pelaku menjual kepada orang-orang yang tidak dia kenal," ucapnya. Belum ada kendaraan yang berhasil diamankan.


(SUR)