Bekasi jadi Wilayah Percontohan Penerbitan Kartu Nikah

Antonio    •    Selasa, 13 Nov 2018 05:53 WIB
kartu nikah
Bekasi jadi Wilayah Percontohan Penerbitan Kartu Nikah
Ilustrasi - Medcom.id.

Bekasi: Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi telah menerima beberapa peralatan berupa printer kartu nikah. Hal itu menyusul wacana penerbitan kartu nikah.

Kasi Urais pada Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi, Mulyono Hilman Hakim mengatakan, di Jawa Barat terdapat lima kota yang menjadi wilayah percontohan program itu. Bekasi menjadi salah satu wilayah percontohan tersebut.

"Bulan lalu 12 printer untuk cetak kartu nikah sudah kita terima. Nanti disebar ke KUA (Kantor Urusan Agama)," kata dia di Bekasi, Senin 12 November 2018 kemarin.

Ia menjelaskan, kartu nikah tidak serta-merta menghilangkan fungsi dari buku nikah. Justru, kartu nikah akan lebih meminimalisir adanya pemalsuan buku nikah.

"Karena nanti di kartu itu ada barcode yang di dalamnya terdapat data pasangan suami isteri. Semua terhubung dengan SIMKA (Sistem Aplikasi Manajemen Nikah)," ujarnya.

Baca: Menteri Agama Pastikan Buku Nikah tak Dihilangkan

Kini, pihaknya menunggu arahan dari Kementrian Agama perihal teknis pelaksanaan kartu nikah. Diperkirakan, program itu mulai berjalan pada 2019. 

"Kemungkinan 2019 antara triwulan pertama atau kedua, program itu baru dijalankan," tuturnya.


(DMR)