Bandung Perbanyak Penerangan Jalan di 2019

Roni Kurniawan    •    Rabu, 12 Dec 2018 14:51 WIB
kekerasanaksi begal
Bandung Perbanyak Penerangan Jalan di 2019
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi

Bandung: Wali Kota Bandung Oded M. Danial memastikan pemerintah akan menambah jumlah penerangan di setiap ruas jalan pada 2019. Ini untuk meminimalisir terjadinya tindak pidana kriminal di jalanan, termasuk begal, yang kerap terjadi di Bandung.

"Tahun depan kita akan tambah untuk penerangan. Sekarang dibahas," cetus kata usai menghadiri kegiatan Musyawarah Perencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Bandung tahun 2018-2023 di Hotel Papandayan, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, 12 Desember 2018.

Pihaknya telah memetakan kawasan yang dinilai masih minim penerangan. Di antaranya di area Bandung Timur yang meliputi daerah Terminal Cicaheum, Ujungberung serta Cibiru. Kawasan tersebut menjadi prioritas.

Baca: Jalan Gelap Jadi Tempat Favorit Begal Bandung

Oded pun berharap, dengan penambahan jumlah penerangan bisa mengurungkan niat pelaku begal untuk beraksi. Berdasarkan data Polrestabes Bandung, kasus kekerasan di jalanan atau begal terjadi di area yang minim penerangan.

"Ya mudah-mudahan dengan upaya kita, Bandung semakin aman dan kondusif," harap Oded.

Bandung baru memiliki sekitar 34 ribu penerangan jalan umum (PJU). Jumlah tersebut dinilai kurang karena idealnya Bandung memiliki lebih dari 60 ribu PJU.

"Insyaallah tahun 2019 atau 2020 Kota Bandung semakin caang (terang)," tegas Oded.

Baca: Begal Bandung Lima Kali Beraksi Walau Baru Bebas

Oded belum bisa memastikan jumlah JPU yang akan dipasang pada 2019. Ia bersama instansi terkait tengah membahas jumlah yang dibutuhkan sesuai dengan anggaran belanja Kota Bandung pada 2019 nanti.

"Masih kita bahas, karena kita itu program besar," tandasnya.


(SUR)