Mayoritas Calhaj Cirebon Berusia Diatas 50 Tahun

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 03 Aug 2017 16:36 WIB
haji 2017
Mayoritas Calhaj Cirebon Berusia Diatas 50 Tahun
salah satu calon haji asal Cirebon. --MTVN/Rofahan--

Metrotvnews.com, Cirebon: Kabupaten Cirebon pada tahun 2017 ini, akan memberangkatkan 2.414 calon haji dengan dibagi tujuh kelompok terbang (Kloter). Dari seluruh jemaah tersebut, sebagian besar berumur diatas 50 tahun.

"Mayoritas diatas 50 tahun," ujar Muslim, Kasi Urhaj Kemenag Cirebon, Kamis 3 Agustus 2017.

Dari sebagian jemaah yang berumur diatas 50 tahun tersebut, terdapat jemaah yang resiko tinggi (Resti) karena faktor kesehatannya. Namun Muslim menjelaskan, bahwa masalah kesehatan diserahkan kepada Dinas Kesehatan.

"Untuk yang Resti diserahkan ke Dinkes. Soal lolos atau enggaknya, itu kebijakan Dinkes,"kata Muslim.

Muslim juga menjelaskan, terkait kesehatan, calon haji mendapatkan pemeriksaan dua kali. Yaitu saat masih di Cirebon dan ketika di Bekasi. Pemeriksaan yang dilakukan di Bekasi akan lebih maksimal. 

"Keputusan akhir ada pada pemeriksaan di Bekasi," ujar Muslim. 

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra mengakui banyak warga Kabupaten Cirebon yang melaksanakan ibadah haji pada umur diatas 50 tahun. Hal itu dikarenakan daftar tunggu yang sangat panjang.

"Di Cirebon, daftar tunggunya sudah mencapai 10 tahun lebih," tutur Sunjaya.

Sehingga, jemaah yang mendaftarkan diri ketika berumur 40 tahun, maka akan mendapatkan jadwal keberangkatannya ketika umur 50 tahun keatas. Menyikapi hal tersebut, Sunjaya meminta kepada jemaah haji, untuk selalu berkoordinasi dengan petugas jika memiliki kendala.

"Jaga kesehatan dan terus berkoordinasi dengan petugas," kata Sunjaya.


(ALB)