Peserta Mulai Bersiap untuk Festival Keraton Nusantara

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 14 Sep 2017 17:07 WIB
Peserta Mulai Bersiap untuk Festival Keraton Nusantara
Walikota Cirebon saat memonitor persiapan penyelenggaraan FKN XI di Cirebon. Foto: MTVN/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Pelaksanaan Festival Keraton Nusantara (FKN) XI di Cirebon, Jawa Barat, dipastikan akan berlangsung meriah. Sejumlah peserta bahkan menyiapkan 'atribut' untuk membuat Festival makin meriah.

Walikota Cirebon Nasrudin Azis menyebut sejumlah peserta membawa kuda untuk dipakai dalam festival. "Infonya ada peserta juga yang membawa gajah," ujar Azis di Cirebon, Kamis 14 September 2017.

Gajah dan kuda akan meramaikan karnaval kerajaan nusantara yang dilaksanakan pada 16 September 2017. Menurut Azis, para peserta berusaha tampil maksimal dalam parade karnaval dan parade budaya yang FKN XI.

Sejumlah kerajaan, kata dia, bahkan ada yang meminjam lapangan untuk menempatkan perlengkapan yang dibawa.

Kegiatan FKN XI akan dimulai besok, Jumat 15 September 2017. Para tamu undangan dari sejumlah kerajaan dan kesultanan yang hadir akan mengikuti kegiatan welcome dinner di Gua Sunyaragi Cirebon.

Kapolresta Cirebon AKBP Adi Vivid Bachtiar, menjamin keamanan para peserta FKN XI di Kota Cirebon Jawa Barat. Pihaknya sudah menyipkan sekitar 600 personel yang disiagakan di tempat penginapan peserta dan sejumlah lokasi kegiatan.

Pada kegiatan FKN XI ini, ada empat lokasi yang akan diselenggarakan kegiatan.

“Kegiatan ada di Gua Sunyaragai, Kertao Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan. Kita sudah siapkan petugas untuk mengamankan kegiatan,” kata Adi.

Cirebon menjadi tuan rumah FKN untuk kedua kalinya. Pada penyelenggaraan FKN II pada tahun 1997 lalu, Cirebon juga dipercaya untuk menjadi tuan rumah kegiatan yang diikuti kerjaaan dan kesultanan seluruh Indonesia itu.
(SUR)