Gatot Tjahyono tak Incar Jabatan Wakil Wali Kota Bandung

Roni Kurniawan    •    Jumat, 16 Jun 2017 17:40 WIB
pilkada 2018
Gatot Tjahyono tak Incar Jabatan Wakil Wali Kota Bandung
PDI Perjuangan, MTVN - Rakhmat

Metrotvnews.com, Bandung: Gatot Tjahyono tak mau dicalonkan sebagai wakil pada Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Bandung, Jawa Barat, 2018. Lantaran itu, ia pun siap menarik berkas pendaftaran bila tak menjadi bakal calon wali kota.

Gatot telah mendaftar ke PDI Perjuangan untuk mengikuti penjaringan calon kepala daerah. Gatot menegaskan mengincar kursi pertama di Pemerintah Kota Bandung.

Gatot mengaku memiliki alasan mendaftar ke PDI Perjuangan. Yaitu PDI Perjuangan merupakan satu-satunya partai yang bisa mengusung calon wali kota tanpa harus berkoalisi. PDI Perjuangan memiliki 12 kursi di DPRD Kota Bandung, yang melebihi syarat 10 kursi di KPUD Kota Bandung.

"Jadi PDI Perjuangan sebagai pemegang kursi terbanyak tentu sangat mustahil mengambil posisi wakil. Namun tentu ada skenario di DPC Kota Bandung yang akan mengambil posisi wakil wali kota," kata Gatot di Bandung, Jumat 16 Juni 2017.

Gatot mengaku mendapat informasi DPC PDI Perjuangan cenderung memberikan dukungan pada Aries Supriatna. Aries merupakan kader partai yang kini duduk sebagai anggota Komisi A DPRD Kota Bandung.

Namun Gatot tak gentar. Toh, ujar Gatot, ia juga kader PDI Perjuangan yang juga menjadi anggota DPRD Provinsi Jabar.

Gatot mengatakan menyerahkan keputusan tersebit ke DPP. Sebab, DPP yang memiliki keputusan untuk menentukan bakal calon dalam pilkada.

"Tapi sejak semula saya tak mau jadi wakil. Bila DPP menempatkan saya sebagai wakil, saya tak akan mengambilnya," ungkap Gatot. 

Lantaran itu, Gatot pun terus menggerakkan timnya untuk melakukan survei mengenai elektabilitasnya. Tim juga menyosialisasikan Gatot pada warga dan melakukan komunikasi politik dengan beberapa partai.

"Saya telah rencanakan sejak tahun lalu dan buat tim untuk melakukan survei dengan konsultan independen. Saya juga sudah membangun komunikasi dengan beberapa parpol lain. Tapi nanti saya sebutkan jika sudah ada keputusan dari DPP," pungkasnya.

Sementara itu, Jumat 16 Juni 2017, DPD PDI Perjuanga Jawa Barat mulai melakukan survei serta tes terhadap bakal calon kepala daerah termasuk di Kota Bandung. Proses tersebut pun akan berlangsung selama empat hari hingga pekan depan.

"Jumat ini DPD melakukan survei dan tes. Semoga peluang saya besar," harap Gatot.


(RRN)