BPBD: 10 Kecamatan di Kuningan Longsor

Ahmad Rofahan    •    Minggu, 25 Feb 2018 14:48 WIB
bencana longsor
BPBD: 10 Kecamatan di Kuningan Longsor
ilustrasi. medcom.id

Kuningan: Hujan deras yang melanda Kabupaten Kuningan dalam beberapa hari ini, mengakibatkan longsor terjadi di sejumlah kecamatan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan mencatat, lebih dari 10 kecamatan di Kuningan mengalami longsor pada hari yang sama.

Kepala BPBD Kuningan Agus Mauludin menuturkan, longsor terbanyak terjadi pada Kamis, 22 Februari kemarin. Saat itu, hujan deras mengguyur Kuningan lebih dari lima jam. Kondisi tersebut membuat sejumlah bencana seperti longsor dan banjir.

“Salah satu penyebabnya curah hujan yang sangat tinggi dan cukup lama,” ujar Agus, Minggu 25 Februari 2018.

Agus menuturkan, sebenarnya longsor yang terjadi di Kuningan, lebih dari 10 kecamatan. Tapi, 10 kecamatan, yaitu Kecamatan Ciniru, Karang Kancana, Cibingbin, Cibeureum, Hantara, Cilebak, Subang, Salajambe, Nusasherang, Ciwaru, mengalami longsor yang cukup besar.

“Sebenarnya banyak, tapi 10 kecamatan ini yang cukup besar,” kata Agus.

Dari sepuluh kecamatan yang menjadi korban longsor, sebagian besar memang masuk dalam kategori wilayah longsor yang sudah dipantau BPBD. Hingga kini BPBD kini masih mencatat kerugian yang diakibatkan oleh longsor tersebut. Data awal diperkirakan lebih dari 300 rumah mengalami kerusakan.

“Kemungkinan lebih dari 300 rumah terkena longsor di Kuningan,” kata Agus.

Selain kerusakan rumah, sejumlah fasilitas umum juga mengalami hal serupa. seperti jembatan yang roboh akibat diterjang longsor di Kuningan. “Ada jembatan juga yang rusak dan roboh akibat longsor,” kata Agus.


(ALB)