Dukung Program 'Satu Rumah Satu Toilet Layak,' Bupati Purwakarta Anggarkan Rp50 Miliar

Reza Sunarya    •    Rabu, 23 Nov 2016 13:26 WIB
purwakarta ads
Dukung Program 'Satu Rumah Satu Toilet Layak,' Bupati Purwakarta Anggarkan Rp50 Miliar
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi (Foto:Dok.Humas)

Metrotvnews.com, Purwakarta: Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kembali mengeluarkan kebijakan. Kali ini, berupa pemberian subsidi kepada masyarakat yang rumahnya tidak memiliki toilet. Guna mendukung program tersebut, Dedi Mulyadi menggelontorkan dana APBD Rp50 miliar.

Subsidi tersebut diperuntukan bagi sekitar 10 ribu warga Purwakarta, Jawa Barat, yang belum memiliki toilet. Bahkan warga yang sudah memiliki toilet tetapi tidak sesuai standar kelayakan sanitasi pun turut mendapat subsidi.

"Per kepala keluarga kita anggarkan Rp5 juta untuk subsidi toilet ini. Semua warga Purwakarta harus memiliki toilet yang layak. Makanya, jika sudah punya toilet, tapi tidak layak pun tetap kami subdisi,” jelas Bupati yang akrab disapa Kang Dedi itu, Rabu (23/11/2016).

Pencanangan program "Satu Rumah Satu Toilet Layak" dalam rangka mewujudkan program Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk mengajak warganya meninggalkan kebiasaan buang air besar di kebun.

"Kebiasaan seperti itu masih ada. Jadi, dengan program ini sekaligus kami bertujuan untuk menghapus kebiasaan buruk tersebut,” kata Kang Dedi.

Selain program "Satu Rumah Satu Toilet Layak," Pemerintah Kabupaten Purwakarta juga memastikan program "Satu Kelas Satu Toilet" akan rampung pada 2017.

"Saya pastikan, tahun 2017, satu kelas di sekolah masing-masing memiliki satu toilet,” tegasnya.

Hingga saat ini, tercatat 70 persen sekolah tingkat SD sampai SMA telah memiliki fasilitas toilet higienis di setiap ruang kelas.


(ROS)