Banjir di Tol Cikarang, Kabupaten Karawang Macet

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Minggu, 13 Nov 2016 21:51 WIB
Banjir di Tol Cikarang, Kabupaten Karawang Macet
Banjir di Jalan Sunda Gang Cibunut, Bandung sekitar pukul 16.00 WIB. Foto: Twitter @Putrimeidaa.

Metrotvnews.com, Bandung: Banjir menggenangi jalan tol kilometer 37-39 Cikarang, Kabupaten Bekasi arah Bandung ke Jakarta. Banjir itu membuat wilayah Kabupaten Karawang macet.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, banjir yang mulai dari pukul 15.00 wib hingga malam hari mengakibatkan arus lalu lintas di tol terganggu.

"Luapan air banjir, ketinggiannya kurang lebih satu meter. Sehingga arus lalu lintas tol di Tol Cikarang mengalami kemacetan," ungkap Yusri kepada wartawan Minggu malam (13/11/2016).

Yusri menambahkan, dari empat lajur yang ada di jalan tol, hanya satu lajur yang bisa dilewati. Hal ini membuat kemacetan berimbas ke daerah Karawang.

"Kondisi ini berimbas pada kemacetan di wilayah Kabupaten Karawang," jelasnya.

Polisi pun telah memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Kendaraan yang keluar di tol Karawang Timur dan Karawang Barat diminta melewati jalur arteri.

"Sekarang, Contra flow kendaraan diberlakukan kita lakukan juga, dari KM 41 menuju gate tol Cikarang utama," kata dia.

Yusri menjelaskan, kondisi kilometer 39 di jalan tol Cikampek telah mulai lancar. Ia pun telah berkoordinasi dengan Kapolres Bekasi untuk melakukan penyedotan banjir.

"Kita juga berkoordinasi dengan Kapolres Bekasi, untuk melakukan penyedotan air dengan menggunakan blambir di lokasi banjir," terangnya.

(DRI)