Penipu Bermodus Dukun Pengganda Uang Ditangkap

Hendrik Simorangkir    •    Selasa, 11 Dec 2018 14:46 WIB
penipuan
Penipu Bermodus Dukun Pengganda Uang Ditangkap
Juhri alias Mbah Gelung, 54, yang mengaku dukun dan bisa menggandakan uang dibekuk petugas Polres Metro Tangerang Kota. Medcom.id/Hendrik Simorangkir

Tangerang: Juhri alias Mbah Gelung, 54, mengaku dukun dan bisa menggandakan uang. Dia dibekuk petugas Polres Metro Tangerang Kota setelah menipu Wahyu Prasetyo sebesar Rp100 juta.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Harry Kurniawan mengatakan pelaku bekerja sebagai buruh di salah satu perusahaan di Kabupaten Tangerang. Dia dicokok setelah setelah melarikan uang Wahyu.

Kasus penipuan dengan modus penggandaan uang tersebut terjadi pada pertengahan November 2018. Ketika itu, korban yang ingin membuka usaha kekurangan modal.
Pelaku menghilang setelah uang diberikan sebanyak beberapa kali.

Begitu mendapat informasi soal keberadaan Mbah Gelung yang dapat menggandakan uang, korban mendatangi rumahnya di Pakuhaji, Kabupaten Tangerang. Setelah diminta mentransfrer uang beberapa kali hingga mencapai Rp100 juta lebih, pelaku sering menghilang.

Wahyu langsung melaporkan kasus penipuan tersebut ke Polres Metro Tangerang. "Kami langsung menindaklanjuti dan pelaku dibekuk sesaat setelah pulang ke rumahnya di wilayah Pakuhaji, Kabupaten Tengerang, pada Minggu, 9 Desember 2018," ujar Harry di Mapolres Metro Tangerang, Selasa, 11 Desember 2018.

Harry meminta warga yang merasa dirugikan pelaku melaporkan diri ke Polres Metro Tangerang. Pelaku hingga saat ini mengaku baru menipu satu korban.

Di hadapan petugas, Mbah Gelung yang memilki rambut panjang sekitar 2 meter itu mengaku melakukan hal tersebut karena kebutuhan ekonomi. "Baru kali ini saya melakukan hal ini," ucap Mbah Gelung kepada wartawan.

Mbah Gelung ditangkap kepolisian di rumahnya di Kampung Lontar RT06 RW10, Desa Kali Baru, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten.
 


(SUR)