Kasus Pungli di Terminal Bubulak Bogor Terbongkar

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Sabtu, 19 Nov 2016 16:28 WIB
pungutan liar
Kasus Pungli di Terminal Bubulak Bogor Terbongkar
Ilustrasi. Foto: Antara/Yusran Uccang

Metrotvnews.com, Bandung: Tim Alpha Force, Polresta Bogor, membongkar kasus penerimaan uang pungutan liar di Terminal Bubulak, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan dasar operasi tangkap tangan tersebut yaitu sesuai laporan informasi nomor: R/LI-116/XI/2016/Sat Reskrim tanggal 17 November 2016 tentang pungutan liar oleh pihak DLLAJ di Terminal Bubulak.

Awal pengungkapan kasus tersebut yaitu ketika tim TAF Polresta Bogor melakukan operasi tangkap tangan terhadap BJ, salah satu koordinator bus PO yang tengah mengumpulkan uang dari sopir bus di sana.

"Uang tersebut ternyata disetorkan kepada RZ yang merupakan tenaga bantuan di DLLAJ," kata Yusri kepada wartawan, Sabtu (19/11/2016).

Selanjutnya, menurut Yusri, dilakuan pemanggilan terhadap RZ ke Mapolresta Bogor Kota Kedung Halang pada Jumat 18 November.

"Dari pemanggilan tersebut, RZ memberikan keterangan dirinya sudah beberapa kali menerima uang dari PO bus. Dan itu berlangsung sejak Oktober 2016," katanya.

Dari pengakuan RZ juga diketahui bahwa dia mendapatkan perintah dari Kepala Terminal Bubulak untuk mengumpulkan uang.

"Ada juga petugas lain (TP) yang diperintahkan untuk memungut uang," kata dia.

Polresta Bogor telah memanggil TP untuk dimintai keterangan. "Setelah seluruhnya dimintai keterangan, nanti kita panggil RD selaku kepala Terminal Bubulak. Surat undangan permohonan bantuan keterangannya sudah dibuat," ujarnya.

Apabila terbukti melanggar, ketiganya dijerat Pasal 12 huruf (e) UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi.


(UWA)