Dukung Peningkatan Gizi, Bupati Purwakarta Bagikan Daging Sapi Gratis untuk Siswa SD

Reza Sunarya    •    Jumat, 18 Nov 2016 08:06 WIB
purwakarta ads
Dukung Peningkatan Gizi, Bupati Purwakarta Bagikan Daging Sapi Gratis untuk Siswa SD
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi (Foto:Reza Sunarya)

Metrotvnews.com, Purwakarta: Suasana riuh tampak di SDN 3 Cimahi Kecamatan Campaka, Purwakarta Jawa Barat. Siswa, siswi, guru, dan staf sekolah di kampung  yang pernah terisolir puluhan tahun tersebut menyambut kehadiran Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Kehadiran Dedi dalam rangka membagikan daging sapi gratis sebagai bagian dari upaya peningkatan gizi para pelajar di kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat itu.

Bupati yang datang dengan mengenakan pakaian khas Sunda ini langsung disambut seluruh siswa dan guru di sekolah tersebut. Dedi langsung berbaur dengan para murid. Bahkan, Dedi tanpa sungkan menjadi guru dadakan mengajarkan mata pelajaran matematika dasar di salah satu kelas.
 
"Siapa yang bisa menjawab? Apa saja yang biasa dimakan sapi? Siapa yang bisa menjawab, saya kasih daging sapi gratis,” kata Dedi kepada siswa.

Bupati yang akrab disapa Kang Dedi tersebut menuturkan bahwa pembagian daging sapi gratis untuk pelajar di Purwakarta sebagai tambahan dari pembagian subsidi susu dan telur yang dilakukan pemda sejak 2014.


Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi (Foto:Reza Sunarya)

"Ini kita lakukan agar peningkatan gizi para pelajar Purwakarta terjaga. Ada susu dan telur yang kita bagikan setiap hari Jumat. Kemudian daging sapi seberat 2Kg untuk masing-masing siswa,” ujar Bupati yang juga budayawan Sunda tersebut.
 
Kang Dedi menambahkan, titik fokus pembagian daging sapi gratis ini juga diatur dengan penekanan khusus pada daerah yang peningkatan gizi pelajarnya rendah. Tetapi menurut dia, anak-anak di sekolah yang hari ini mendapat jatah daging gratis tergolong sehat dan bebas gizi buruk.

"Ada beberapa kecamatan yang peningkatan gizi anak-anaknya kurang, di antaranya Maniis, Tegalwaru, dan Sukasari. Tetapi saya lihat di sekolah ini anak-anaknya sehat. Tuh boleh dicek, pemenuhan gizi mereka cukup baik,” ujar Kang Dedi.

Kedatangan Dedi kali ini bukan saja dalam rangka membagikan daging sapi secara gratis kepada pelajar. Dia mengaku ingin mengecek secara langsung pelaksanaan Konsep Pendidikan Aplikatif yang telah lama ia canangkan di Purwakarta.


(ROS)