Gubernur Tetapkan Status Jabar Siaga Bencana hingga Tahun Depan

Jaenal Mutakin    •    Senin, 14 Nov 2016 16:48 WIB
bencana alam
Gubernur Tetapkan Status Jabar Siaga Bencana hingga Tahun Depan
Banjir merendam rumah-rumah di Karawang, sumber foto BNPB

Metrotvnews.com, Bandung: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menetapkan status siaga bencana di seluruh wilayah provinsi tersebut. Penetapan status bertujuan mengantisipasi dampak paling parah akibat bencana.

Gubernur yang akrab disapa Aher itu menandatangani penetapan status siaga bencana untuk beberapa kota dan kabupaten. Status siaga berlangsung hingga tahun depan.

"Penetapan status siaga bencana untuk mewaspadai dan sebagai langkah keamanan yang dimulai pekan ini hingga April 2017," kata Aher ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (14/11/2016).

Aher pun meminta pemerintah daerah dan masyarakat meningkatkan kewaspadaan untuk menangani dampak di musim hujan. Pemerintah juga harus menyediakan logistik untuk menangani warga korban banjir.

"Misalnya obat-obatan, makanan, dan alat berat," kata Aher.

Hingga berita ini dimuat, sejumlah daerah di Jabar mengalami banjir. Satu di antaranya di Karawang. Ribuan rumah di Karawang terendam banjir.

Kemarin, Minggu 13 November, banjir merendam Bandung yang notabene Ibu Kota Provinsi Jabar. Beberapa fasilitas umum terendam banjir misalnya Stasiun Bandung dan Rumah Sakit Cicendo.



(RRN)