Mangkrak, Tol Seroja Tak Mungkin Jadi Akses PON

Budi Mulia Setiawan    •    Selasa, 13 Sep 2016 17:56 WIB
jalan tol
Mangkrak, Tol Seroja Tak Mungkin Jadi Akses PON
Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Bandung: Pembangunan Tol Soreang-Pasirkoja (Seroja) yang terlunta membuat fasilitas jalan itu tak memungkinkan untuk akses Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 menuju Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat.

"Pengembang janjinya bisa selesai sebelum PON, tapi ternyata enggak," kata Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat M. Goentoro, Selasa (13/9/2016). Lambatnya pembangunan, lanjut dia, karena banyaknya persoalan, terutama pembebasan lahan. 

Untuk menuju Stadion Si Jalak Harupat, mobilitas atlet PON terpaksa menggunakan Jalan Raya kopo, Jalan Patrol-Nanjung, Jalan Cimareme-Cipatik-Soreang, dan Jalan Mohamad Toha.

"Kami sudah siap menangani dampak kemacetan dari pengalihan arus ini. Insya Allah lancar," kata Goentoro.

Baca: Tol Seroja Ditargetkan Selesai Sebelum PON

Sementara itu, untuk mempersiapkan penggunaan KM 149 dan KM 151 Tol Purbaleunyi yang menjadi akses menuju pembukaan dan penutupan PON di Gelora Bandung Lautan Api, Goentoro memastikan akan selesai tepat waktu.

"KM 149 Tol Purbaleunyi akan digunakan untuk umum, sedangkan KM 151 akan digunakan untuk tamu VIP dan VVIP. Insya Allah siap. Termasuk jalan tembus Cimencrang. Jalan ini lebih nyaman, bahkan bisa langsung menuju Jalan Soekarno-Hatta," kata dia.

 


(UWA)