Pertunjukan Teknologi Bakal Meriahkan Pembukaan Peparnas XV Jabar

Jaenal Mutakin    •    Minggu, 09 Oct 2016 14:01 WIB
kaum difabel
Pertunjukan Teknologi Bakal Meriahkan Pembukaan Peparnas XV Jabar
Sosialisasi Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) XV pada kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Dago, Bandung, Jawa Barat, Minggu (9/10/2016). (Ant/Agus Bebeng)

Metrotvnews.com, Bandung: Upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 akan digelar pada 15 Oktober 2016 di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. Penyelenggara menjanjikan pertunjukan seni dan budaya yang berbeda dari pergelaran Pekan Olahraga Nasional.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar selaku Wakil Ketua Umum PB PON XIX dan Peparnas XV/2016 di area Car Free Day (CFD) Cikapayang Dago, Kota Bandung, Minggu, 9 Oktober.

"Jadi ada sesuatu yang akan ditampilkan yang tidak ada di PON, tidak ada di pembukaan PON. Jadi kalau ingin tahu datang saja nanti," ungkap Deddy di sela acara sosialisasi Peparnas.

PON dan Peparnas memiliki keunikan tersendiri, untuk itu Deddy mengungkapkan, Peparnas akan menampilkan kekhasan tersendiri, seperti pertunjukan teknologi yang belum pernah ada di Jawa Barat. Selain itu, acara pembukaan pun akan menyuguhkan penampilan para musisi dan seniman difabel.

"Saya kira meriahnya akan sama. Karena perform-nya berbeda. Akan ada kekhasan di Peparnas," kata Deddy.

Peparnas XV akan berlangsung pada 15-24 Oktober 2016. Rencananya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani akan membuka langsung pesta olahraga nasional penyandang difabel ini.

Ada 13 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Peparnas kali ini. yaitu atletik, angkat berat, bola voli duduk, bulutangkis, catur, goal ball, judo, renang, panahan, sepak bola, tenis meja, tenis lapang kursi roda, dan boling.

Kontingen Jawa Barat yang dipimpin oleh Kapolda Irjen Bambang Waskito berjumlah 350 orang. Terdiri dari 250 atlet, 50 pelatih , dan 50 petugas. Mereka menarget minimal 131 medali dari 620 medali yang diperebutkan, untuk jadi juara umum.

"Saya percaya bahwa kalian semua adalah para juara," tukas Gubernur Ahmad Heryawan yang turut hadir dalam acara sosialisasi ini.


(SAN)