Akses Venue PON XIX/2016 di Sumedang Tertimbun Longsor

Ismail    •    Senin, 05 Sep 2016 18:55 WIB
longsor
Akses Venue PON XIX/2016 di Sumedang Tertimbun Longsor
Salah satu ruas jalan di Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, yang tertimbun longsor (Foto: MTVN/Ismail)

Metrotvnews.com, Sumedang: Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Minggu malam 4 September, mengakibatkan sejumlah ruas jalan menuju venue PON XIX/2016 longsor. Akses menuju venue paralayang dan gantole itu tak dapat dilalui kendaraan roda empat.

Ada tujuh titik di Batudua, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, yang tertimbun material longsor. Di antaranya di jalan menuju venue PON di Blok Tarisi, Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu.

"Ada 7 titik longsoran di sekitar lokasi. Dari titik pertama sampai terakhir hanya berjarak sekitar 150 meter," kata Kepala pelaksana proyek Ahmad Arab kepada Metrotvnews.com, Senin (5/9/2016).

Longsor terparah terjadi di dua titik yakni di awal dan ujung jalan. Bahkan material longsor menutupi ruas jalan sehingga tak bisa dilalui kendaraan.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun akses jalan menuju Batudua maupun sebaliknya hanya bisa dilintasi roda dua," kata dia.

Meski penyelenggaraan PON XIX tinggal menghitung hari, pihaknya berjanji akan membersihkan akses menuju venue agar bisa dilalui. PON XIX akan dibuka pada 17 September 2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Jawa Barat.

"Terus terang kami sedikit berharap ada kejadian seperti ini agar kami tahu ada kelemahan di mana saja. Kami yakin sebelum PON, akses ini bisa dilewati kendaraan roda empat," kata dia.

Sementara itu, Kepala Polsek Cisitu Ipda Sukardi mengimbau pada warga maupun atlet yang akan latihan ke Batudua, Kecamatan Cisitu, untuk melalui jalur alternatif. Jalur alternatif itu yakni melintasi Desa Cinangsi-Cimarga.

"Kami mengimbau untuk lewat Cinangsi-Cimarga saja, meskipun jalannya sempit dan memutar lebih jauh tapi ini demi keamanan," kata Ipda Sukardi.


(TTD)