Lima SMP Masih Menumpang untuk UNBK

Antonio    •    Selasa, 24 Apr 2018 13:49 WIB
ujian nasional
Lima SMP Masih Menumpang untuk UNBK
Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Foto: Medcom.id/Antonio

Bekasi: Lima sekolah yang berasal dari Kota dan Kabupaten Bekasi masih menumpang ke sekolah swasta untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sarana dan ketersediaan komputer masih jadi kendala.

Empat sekolah berasal dari Kota Bekasi yaitu SMP 16 Kota Bekasi, SMP Nurul Islam, SMP Al Mulya, SMP Asufiah. Sedangkan sekolah dari Kabupaten Bekasi adalah SMP Negeri 4 Kabupaten Bekasi.

Tjandrawati, Kepala Bagian Kurikulum SMP 16 Kota Bekasi menyebut 389 orang siswa di sekolahnya ikut UNBK di sekolah swasta tersebut.  Murid dari sekolahnya menggunakan empat kelas.

Masing-masing kelas memiliki kapasitas 40 kursi yang terdiri dari 36 komputer utama dan 4 komputer cadangan.

Ujian untuk siswa dari sekolahnya dilakukan tiga sesi. Pukul 07.30 WIB dan Pukul 10.30 WIB empat kelas. Sementara sesi ketiga Pukul 14.00 WIB dilaksanakan tiga kelas.

"Karena komputer kita belum lengkap, tapi tahun depan kita berharap dapat menyelenggarakan sendiri di sekolah kita," kata dia di Bekasi, Selasa, 24 April 2018.

Dia menjelaskan, pihaknya sudah mendapat 60 laptop dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi dan 30 unit komputer dari pemerintah pusat. Tapi, kiriman dari Dinas Pendidikan baru beberapa hari yang lalu.

"Kalau tahun depan kemungkinan sudah bisa di sekolah kita," ucapnya.

Ia menambahkan, UNBK pada hari sebelumnya berjalan lancar. Pengawas masing-masing kelas dua orang setiap kelas. Selain itu ada satu orang proktor dan satu orang kordinator peladen (server).

"Dari kemarin lancar, siswa juga tidak ada anak yang terlambat walaupun hujan," ujarnya.


(SUR)