ASN Asal Cimahi Jadi Sekda Bandung

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 21 Jul 2018 11:53 WIB
kota bandung
ASN Asal Cimahi Jadi Sekda Bandung
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menunjuk Benny Bachtiar menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Bandung. Benny  menyisihkan dua nama Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bandung mengikuti seleksi yakni Ema Sumarna dan Mohamad Salman Fauzi.

Benny Bachtiar merupakan salah satu peserta seleksi dari luar lingkungan Pemkot Bandung. Dia sebelumnya menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Cimahi.

"Sudah berdiskusi berkali-kali dengan Mang Oded (Wali Kota Bandung terpilih) sebagai calon yang akan menggunakan Sekda ini selama lima tahun ke depan," kata Emil di Pendopo Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 21 Juli 2018.

Emil sebelumnya menerima daftar tiga kandidat dari Panitia Seleksi (Pansel). Tim Pansel diketuai langsung oleh Deputi Bidang SDM Aparatur, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Setiawan Wangsaatmaja.

Benny meraih nilai tertinggi, menyalip pesaingnya yang berasal dari Kota Bandung. "Hari ini saya umumkan secara fair dan adil dari hasil musyawarah," sambung calon gubernur Jawa Barat terpilih ini.

Ia mengakui ketiga kandidat calon Sekda itu memiliki kualifikasi yang sangat baik. Namun, Emil menetapkan Benny sebagai pilihan paling tepat dan dibutuhkan Kota Bandung untuk lima tahun ke depan.

Rencananya, pada Senin 23 Juli 2018, Pemerintah Kota Bandung akan mengajukan nama Benny Bachtiar ke Kementerian Dalam Negeri untuk diproses lebih lanjut.

Terpilihnya Benny jadi Sekda Kota Bandung menjadi catatan sejarah bagi Bandung dalam dua dekade terakhir. Pasalnya, jabatan Sekda selama ini diisi ASN yang berada di lingkungan Pemkot Bandung seperti Edy Siswandi dan Yossi Irianto.


(SUR)