Belum ada Lahan Relokasi Renovasi Pasar Kemiri Muka

Rizky Dewantara    •    Senin, 09 Apr 2018 11:41 WIB
sengketa tanahdepok
Belum ada Lahan Relokasi Renovasi Pasar Kemiri Muka
Pasar tradisional Kemiri Muka Depok yang akan dieksekusi pada 19 April 2018, Medcom.id - Rizky

Depok: Pasar Kemiri Muka, Beji, Kota Depok, Jawa Barat, bakal direnovasi setelah eksekusi dilakukan pada Kamis, 19 April 2018, mendatang oleh Pengadilan Negeri Depok. Meski bakal dibangun lebih modern, pedagang Pasar Kemiri Muka masih bingung untuk pindah lantaran tak ada lahan pengganti sementara untuk berjualan. 
 
Ferianto, 54, seorang pedagang beras di Pasar Kemiri Muka mengatakan para pedagang telah bersepakat untuk tetap menggelar dagangan di sekitar Kemiri Muka, yakni di bawah flyover Jalan Arif Rahman Hakim, Kota Depok. 

"Kami setuju kalau ingin dibuat pasar lagi karena permintaan pedagang hanya ingin tetap berjualan di sini,” ungkap Ferianto, saat ditemui di Pasar Kemiri Muka, Senin 9 April 2018.

Pedagang pakan unggas di Pasar Kemiri Muka, Rudi, 43, mengaku setuju rencana renovasi pasar. Namun, masalahnya pedagang tak ada lahan pengganti selama proses renovasi. 

Baca: Setelah Dieksekusi, Pasar Kemiri Muka Depok Dibangun Lebih Modern

"Saat pasar direnovasi, kami berjualan d imana? Karena belum jelas tempat relokasi pedagang saat pelaksanaan renovasi pasar dilakukan,” ujar Rudi. 

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Depok, Kania Parwanti, menegaskan ada tiga hal yang harus diperhatikan sebelum eksekusi dilakukan

Pertama, sesuai Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat (Jabar), tentang persetujuan lokasi tanah seluas 2,6 hektare harus diberikan kepada pemerintah setempat. Kedua, lahan telah tercatat dalam inventarisasi aset pemerintah. 

"Ketiga, Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) telah berakhir 2008. Ini yang harus diperhatikan,” tutur Kania, saat dihubungi Medcom.id, Senin, 9 April 2018.

Dia mengungkapkan eksekusi Pasar Kemiri Muka bakal dipikirkan bersama agar mendapat solusi untuk para pedagang yang bakal direlokasi.  

Baca: Pasar Kemiri Muka Depok Dieksekusi pada 19 April

Pasar Kemiri Muka sudah menjadi pasar induk di Depok.  Lokasinya strategis, dekat stasiun dan terminal. Sehingga banyak barang disuplai dari Kemiri Muka. 

“Stabilitas perekonomian dan stok pangan Kota Depok menjadi hal yang perlu jadi pemikiran bersama apabila dilakukan eksekusi,” tegasnya.

Jika esekusi dilakukan sesuai jadwal, ia menyatakan kestabilan stok pangan dan roda perekonomian Kota Depok akan terganggu. Apalagi proses eksekusi waktunya dekat dengan bulan puasa, Lebaran, dan pilkada. 

"Esekusi Pasar Kemiri Muka akan memengarui inflasi Kota Depok," pungkasnya.

Pantauan di lokasi, Pasar Kemiri Muka berada di lahan seluas 2,5 hektare itu tampak sepi dari aktivitas jual-beli.

Bangunan kios kini kosong karena pedagang memilih berjualan di bawah jalan flyover Arif Rahman Hakim, Kota Depok.

Namun, bangunan los dan kios Pasar Kemiri Muka dialihfungsikan untuk gudang penyimpanan dan tempat tidur para pedagang. Mereka hanya ingin Kemiri Muka tetap menjadi pasar induknya Kota Depok.


(LDS)