Daop 3 Cirebon Tutup 30 Perlintasan Sebidang

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 29 Mar 2018 11:27 WIB
perlintasan ka
Daop 3 Cirebon Tutup 30 Perlintasan Sebidang
PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon tutup perlintasan sebidang. (Medcom.id/Ahmad Rofahan)

Cirebon: PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, menutup 30 perlintasan sebidang, di sejumlah titik yang masuk bagian wilayah kerja Daop 3 Cirebon. Manager Humas Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro mengatakan penutupan 30 perlintasan sebidang tersebut melebihi target yang diberikan.

“Kita ditargetkan bisa menutup 23 perlintasan,” kata Kris di Cirebon, Kamis 29 Maret 2018.

Penutupan perlintasan sebidang yang ke-30 dilakukan pada Rabu, 28 Maret 2018, di Desa Pebatan, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. Jalan pintas yang biasa digunakan warga itu ditutup paksa PT KAI demi keselamatan masyarakat dan perjalanan kereta. 

Kris menuturkan penutupan perlintasan sebidang sempat ditolak masyarakat. Namun, setelah diberikan pemahaman, masyarakat bisa menerima.

“Yang paling susah memang penutupan yang kemarin. Tapi sudah beres,” ujar Kris.

Selain perlintasan sebidang di Desa Pabetan, PT KAI Daop 3 Cirebon juga menutup perlintasan sebidang lainnya di sejumlah wilayah berbeda. Antara lain, 1 perlintasan di Karawang, 5 perlintasan di Subang, 7 perlintasan di Indramayu, 5 perlintasan di Kabupaten Cirebon, dan 11 perlintasan di Kabupaten Brebes.

“Kemarin yang ke-30. Kita tutup menggunakan bantalan rel yang ditumpuk,” kata Kris.

Walupun sudah melampaui target yang ditetapkan, Daop 3 Cirebon akan tetap menutup perlintasan sebidang hingga jalur kereta dinyatakan aman. 

Kris menjelaskan perlintasan sebidang yang ditutup yaitu perlintasan liar dengan lebar kurang lebih dua meter dan tanpa penjagaan.



(LDS)