Siklon Tropis Dahlia

Siklon Tropis Dahlia Aktif Hingga 3 Desember

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 30 Nov 2017 16:03 WIB
tanah longsorcuaca ekstrembencana alambencana banjirsiklon tropis
Siklon Tropis Dahlia Aktif Hingga 3 Desember
Peta Prakiraan Pergerakan Siklon Tropis Dahlia. Foto: Istimewa / BMKG

Bandung: Setelah Siklon Tropis Cempaka yang sempat membawa cuaca ekstrem di beberapa wilayah Pulau Jawa, giliran Siklon Tropis Dahlia tiba. Siklon yang muncul di barat daya Bengkulu itu juga memengaruhi cuaca di Jawa Barat dan sekitarnya.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Tony Agus Wijaya menyebut, daerah belokan angin dan kelembapan udara yang tinggi di sekitar wilayah Jabar akan terjadi. "Ini (Siklon Tropis Dahlia) membentuk awan dan meningkatkan kecepatan Angin di sekitar Bandung Raya," ucap Tony saat dihubungi, Kamis, 30 November 2017.

(Baca: Warga Bengkulu Diimbau Mewaspadai Badai Dahlia)

Siklon Tropis Dahlia diperkirakan aktif hingga Minggu, 3 Desember 2017. Namun, arah gerak akan semakin menjauh dari wilayah Indonesia.

"Sehingga, berdampak pada angin kencang di Bandung hari ini, Kamis 30 November 2017," paparnya.

Menurut informasi yang dihimpun dari BMKG Bandung, berikut dampak Siklon Tropis Dahlia:
a. Potensi Hujan sedang hingga deras di wilayah Jawa Barat
b. Angin kencang dengan kecepatan lebih dari 20 Knot. Waspada terhadap bahaya pohon tumbang, bangunan atau objek seperti reklame, dan baliho roboh.
c. Tinggi gelombang maksimum di perairan selatan Jawa Barat mencapai 6 atau 7 meter. Nelayan atau masyarakat yang mau berwisata pantai di pesisir selatan diimbau untuk selalu memantau informasi yang disampaikan oleh BMKG.

 


(SUR)