Pembersihan Longsor Jalur KA Bandung Beres Jelang Tengah Malam

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 23 Nov 2017 15:06 WIB
tanah longsorjalur kereta api
Pembersihan Longsor Jalur KA Bandung Beres Jelang Tengah Malam
Pekerja menggunakan alat berat untuk membersihkan material tanah longsor yang menimbun jalur kereta api di KM 231+01 Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Foto: Antara / Adeng Bustomi

Bandung: Curah hujan yang intensitasnya cukup tinggi menyebabkan tanah longsor menutupi jalur kereta di beberapa titik jalur selatan wilayah Jawa Barat. Daop 2 Bandung PT KAI mengebut pembersihan tanah longsor yang mengganggu perjalanan kereta api dari dan menuju Bandung tersebut.

Kepala Humas Kereta Api Daop 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan hingga saat ini pihaknya masih melakukan proses penanganan longsor pada tiga titik wilayah di Jawa Barat.

"Di antaranya stasiun  Bumi Waluyo dan stasiun Cipendeuy, juga di wilayah Garut. Sampai saat ini," ucap Joni kepada Metrotvnews.com, Kamis 23 November 2017.

Personel dan sejumlah alat berat diterjunkan agar pembersihan segera selesai. Diperkirakan jalur akan selesai ditangani pada hari ini sekitar pukul 23.00 wib.

Longsoran pertama kali ditemukan petugas penjaga daerah rawan pada hari Rabu, 22 November 2017, pukul 17.00 WIB di antara Bumiwaluya - Cipeundeuy. Longsoran menutup jalur kereta api kurang lebih 10 meter.

"Ternyata longsor terjadi di beberapa titik susulan yaitu di Km 230, 231, 232, dan 234. Adapun panjang timbunan bervariasi antara 10 sampai 100 meter dengan ketinggian timbunan 1 sampai 7 meter," ungkap dia.

Selanjutnya, Joni menegaskan atas bencana tanah longsor tersebut, operasional kereta mengalami gangguan sehingga  dilakukan berbagai perubahan pola operasi.


(SUR)