Getaran Gempa Menjalar ke Bandung

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 23 Jan 2018 14:41 WIB
gempagempa bumi
Getaran Gempa Menjalar ke Bandung
Ilustrasi: MTVN/Rakhmat Riyandi

Bandung: Gempa 6,1 skala Richter (SR) yang terjadi di barat daya Lebak, Banten, terasa hingga ke Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Warga yang panik langsung berlarian dari rumah atau bangunan kantor saat gempat terjadi.

Pantauan Medcom.id di lapangan, warga sekitar Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, berhamburan ke luar rumah saat gempa yang terjadi pada 13.34 WIB terasa. Salah satunya Toni Gunawan, 34, pekerja Salon Heri di di Jalan Raya Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung.

"Terasa cukup besar, saya dan teman yang lagi bekerja mencukur rambut konsumen langsung lari keluar saat gempa terasa. Tadi sekitar pukul 14.00 WIB," ungkap Toni kepada Medcom.id, Selasa 23 Januari 2017.

(Baca: Gempa Tidak Berpotensi Tsunami)

Toni takut bangunan tempat dirinya bekerja rubuh. Sebab getaran gempa terlihat jelas di lantai maupun pilar gedung salon.

"Takut gedungnya rubuh, tapi saya lihat banyak juga warga yang keluar lari ke jalan," pungkasnya.

Sementara itu berdasarkan pantauan Metro TV di Kota Bandung, warga behamburan keluar dari gedung dan bangunan di sekitar Jalan Riau, Kota Bandung, Jawa Barat. Kawasan Braga juga dipadati warga-warga yang keluar dari gedung tinggi.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jabar Tony Agus Wijaya menuturkan gempa dirasakan di provinsi Banten, Jabar dan DKI Jakarta. Dampak gempa masih dipantau.

Situasi di wilayah Kabupaten Bandung dan Kota Bandung kembali normal pascagempa sekitar 14.30 WIB.

 


(SUR)