Pelanggar Lalu Lintas Diburu hingga ke Rumah

Roni Kurniawan    •    Rabu, 04 Oct 2017 14:11 WIB
lalu lintastertib lalu lintas
Pelanggar Lalu Lintas Diburu hingga ke Rumah
Ruang kontrol Area Traffic Control System ( ATCS) Dishub Kota Bandung di Gedung Serbaguna, Balai Kota Bandung. MTVN/Roni

Metrotvnews.com. Bandung: Polrestabes Bandung bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung mulai menerapkan sistem tilang CCTV hari ini, Rabu 4 Oktober 2017. Penindakan tegas pun akan langsung dilakukan di lokasi hingga ke rumah pemilik kendaraan yang melanggar lalu lintas.

Menurut petugas TMC Polrestabes Bandung, Briptu Ganepa, pihaknya akan memantau langsung lalu lintas melalui CCTV selama 24 jam penuh secara bergantian. Bahkan penindakan pun tidak hanya di lokasi, tapi petugas akan mendatangi rumah pemilik kendaraan yang telah melanggar lalu lintas.

"Jika tidak akan dilakukan tindak tegas di lapangan, maka kami akan menshoot (foto) plat nomor kendaraan itu lalu nanti surat tilangnya diantar ke rumah," kata Ganepa di ruang kontrol Area Traffic Control System ( ATCS) Dishub Kota Bandung di Gedung Serbaguna, Balai Kota Bandung, Rabu 4 Oktober 2017.

Ganepa mengatakan, pihaknya akan membawa foto dan rekaman video dari CCTV ke rumah pemilik kendaraan sebagai alat bukti. Dengan adanya itu, lanjut Ganpea, pemilik kendaraan tidak bisa mengelak telah melanggar lalu lintas.

"Itu juga sebagai antisipasi adanya polisi gadungan untuk memeras masyarakat. Jadi bukti kita kuat untuk melakukan tilang," tutur Ganepa.

Ganepa mengaku, sebelum menindak pelanggar, terdapat petugas di ruang kontrol CCTV untuk memberitahu dan menghimbau terlebih dahulu pengendara yang melanggar lalu lintas.

"Kita pakai pengeras suara, ada petugas di lapangan nanti langsung ditindak juga pengendara tetap melanggar. Jadi di setiap persimpangan nanti akan ada pemberitahuan melalui pengeras suara jika pengendara melanggar," pungkasnya.


(ALB)