Pemimpin Ponpes di Cicalengka Dianiaya Orang tak Dikenal

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Sabtu, 27 Jan 2018 15:49 WIB
penganiayaan
Pemimpin Ponpes di Cicalengka Dianiaya Orang tak Dikenal
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Bandung: Pemimpin Pondok Pesantren Al-Hidayah, Kecamatan Cicalengka. Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dianiaya orang tak dikenal. Kiai Umar Basri, 60, dianiaya usai menunaikan ibadah salat subuh di Masjid Al-Hidayah Kamyang Santiong.

Kapolsek Cicalengka Kompol Asep Gunawan mengatakan, insiden tersebut terjadi sekitar pukul 05.30 WIB, Sabtu, 27 Januari 2017.  "Saat itu, para santri yang sudah selesai salat, sudah pulang ke kobong. Tinggal Pak Kiai sendirian di dalam mesjid dan memang biasa berzikir sampai jam 06.00 WIB," ucap Asep saat dihubungi Medcom.id.

Saat di masjid sendirian, pelaku diduga  datang menghampiri korban dan memukul pemimpin pondok pesantren ini. Umar Basri mengalami luka berat. Korban ditemukan warga yang hendak salat di mesjid dalam keadaan terkulai lemah.

"Saat ditemukan, Pak Kiai dalam keadaan bersender di tembok. Seperti mau minta tolong. Pelaku memukul tidak menggunakan alat (tangan kosong)," bebernya.

Hingga kini, menurut Asep pihaknya masih melakukan penyelidikan dengan melakukan olah TKP dibantu Polres dan Polda di lokasi kejadian.

"Kita masih melakukan penyelidikan dan pendalaman dengan mengumpulkan saksi, sudah enam orang saksi yang sudah dimintai keterangan," tandasnya.

Menurut informasi yang dihimpun di lapangan, Kiai Umar Basri dilarikan ke RS Al-Islam guna mendapatkan perawatan intensif.


(SUR)