274 Rumah di Kabupaten Bogor Rusak Akibat Gempa

Rizky Dewantara    •    Rabu, 24 Jan 2018 10:31 WIB
gempa bumi
274 Rumah di Kabupaten Bogor Rusak Akibat Gempa
Rumah di Desa Citalahab, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang rusak akibat gempat -- istimewa

Bogor: Gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) di Lebak, Banten, pada Selasa, 23 Januari 2018, berimbas hingga Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sebanyak 274 rumah di 13 kecamatan di Kabupaten Bogor rusak akibat gempa.

"Sebanyak 269 rumah rusak ringan, lima rumah rusak berat, dan satu orang mengalami luka ringan. Jumlah kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 185 juta," kata Kapolres Bogor AKBP Andi M. Dicky Pastika, Rabu, 24 Januari 2018.

Berdasarkan laporan yang diterima Andi, Kecamatan Nanggung mengalami kerusakan paling terparah. Sebanyak 201 rumah, satu masjid, dan dua musala rusak.

Terdapat 12 desa di Kecamatan Nanggung. Lokasi terdampak gempa tidak bisa dijangkau dengan kendaraan besar, karena terhalang batu besar yang longsor dari gunung di sekitar perkebunan. Relawan membutuhkan waktu empat jam untuk mencapai lokasi.

"Personel Polres dan Polsek Nanggung serta tambahan satu SST Sabhara Polres Bogor sudah menuju lokasi dengan membawa tenda untuk menampung korban gempa. Bantuan diangkut dengan enam kendaraan double cabin, satu ambulance, satu jeep, dan tiga mini bus. . Jalurnya licin akibat hujan dan jalan batu," terang Andi.

Sementara,  tap SD Negeri Cimande II di Kampung Cimande Girang, Desa Lemahduhur, Caringin, dilaporkan hancur. Kerugian materi diperkirakan mencapai Rp100 juta.

"Beruntung, tidak ada korban jiwa," ucap Andi.


Rumah di Desa Citalahab, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang rusak akibat gempat -- istimewa

Di Kecamatan Cigombong dan Cijeruk, delapan rumah dilaporkan rusak. Jumlah kerugian sekitar Rp30 juta.

"Di Kecamatan Megamendung, 12 rumah mengalami kerusakan. Ada satu orang korban luka atas nama Raihan, 4. Ia mengalami luka ringan di bagian kepala," jelasnya.

Kecamatan Sukaraja, dua rumah rusak dengan kerugian mencapai Rp15 juta. Sementara, satu rumah di Kecamatan Ciawi dindingnya roboh.

Selanjutnya, dua rumah rusak berat dan dua rumah rusak sedang di Kampung Gomong, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan. Kerugian materi diperkirakan Rp30 juta.

Kecamatan Cigudeg turut terimbas gempa. Di Desa Sukamaju, satu rumah rusak berat dan delapan rumah lainnya rusak ringan. Di Desa Cintamanik, satu rumah rusak ringan.

Untuk Kecamatan Sukajaya, ada dua desa yang terimbas gempa. Di Desa Kiarapandak, 28 rumah mengalami kerusakan. Begitu juga di Desa Urug, satu rumah rusak ringan.

"Sementara di Desa Kertajaya, Kampung Cikandang, 3 rumah mengalami rusak ringan," ucap Andi.


(NIN)