Warga Cibiru Hilir Merayakan Tahun Baru Hijriah dengan Lomba Bola Api

Jaenal Mutakin    •    Kamis, 21 Sep 2017 10:10 WIB
tahun baru hijriah
Warga Cibiru Hilir Merayakan Tahun Baru Hijriah dengan Lomba Bola Api
Warga Kelurahan Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat merayakan tahun baru 1 Muharam 1439 Hijriah dengan lomba bola api -- MTVN/Jaenal Mutakin

Metrotvnews.com, Bandung: Warga Kelurahan Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat merayakan tahun baru 1 Muharam 1439 Hijriah dengan lomba bola api. Lomba ini digelar sebagai simbol perlawanan terhadap hawa nafsu.

"Ini sangat luar biasa, karena jarang dilakukan oleh desa atau kampung lain. Mungkin, kini di Kabupaten Bandung hanya tinggal Cibiru Hilir yang melakukannya," kata Kepala Desa Cibiru Hilir M. Yunus, Rabu malam 20 September 2017.

Yunus menjelaskan, lomba bola api sudah tiga kali digelar di wilayahnya untuk merayakan tahun baru 1 Muharam 1439 Hijriah. Permainan ini adalah warisan nenek moyang yang banyak mengandung filosofi.

"Perlawan terhadap hawa nafsu dilambangkan dengan api dalam permainan ini," lanjutnya.

Ketua panitia lomba Abdurahman Al-Fikri menambahkan, permainan bola api pada awalnya dilakukan di pesantren untuk menarik minat santri. Sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat bahwa Islam itu masuk dalam kebudayaan.

"Permainan bola api ini asalnya dari Pesantren Tebu Ireng. Bola terbuat dari kelapa yang sudah tua, lalu dikupas dan direndam dengan minyak tanah selama satu minggu. Kali ini, lomba bola api diikuti delapan RT," pungkasnya


(NIN)