Ridwan Kamil Tawarkan Program `Satu Desa Satu Produk` di Cianjur

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 23 Sep 2017 15:26 WIB
pilgub jabar 2018
Ridwan Kamil Tawarkan Program `Satu Desa Satu Produk` di Cianjur
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil -- MTVN/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Cianjur: Ridwan Kamil kembali mensosialisasikan niatnya untuk maju sebagai calon gubernur Jawa Barat. Kali ini, Kabupaten Cianjur menjadi target pria yang akrab disapa Emil ini untuk menarik simpatisan dan mendulang dukungan.

Dalam lawatannya ke Tauco (sebutan untuk Kabupaten Cianjur), Emil ini mendapatkan banyak masukan dari masyarakat. Ia kemudian menawarkan program `Satu Desa Satu Produk` sebagai upaya memperbaiki perekonomian di Cianjur.

"Awalnya saya blank di Cianjur. Tapi, banyak masukan dari masyarakat di sini. Komitmen untuk Cianjur, dulu saya dua hari di sini fokusnya ke ekonomi desa. Maka, saya singgung sedikit program `Satu Desa Satu Produk`," kata Emil di Cianjur, Jawa Barat, Sabtu 23 September 2017.

Emil mengaku, program tersebut hasil kunjungannya ke Thailand beberapa waktu lalu. Di Negeri Gajah Putih tersebut, program `Satu Desa Satu Produk` bisa memutar roda perekonomian dan bertumbuh cukup pesat.

"Itu cocok untuk Cianjur," lanjut Emil.

Menurut Emil, program tersebut sebagai upaya mengurangi jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mengadu nasib di negeri lain. Pasalnya, banyak warga Cianjur yang menjadi TKI karena masalah ekonomi.

"Ada 300-an anak-anak Cianjur yang ditinggalkan ibunya dan diasuh di panti asuhan di Bandung. Bukan yatim piatu, tapi mereka ditelantarkan, orang tuanya tidak mau ngurus, pergi jadi TKI karena ekonomi," pungkasnya.


(NIN)