Poros Baru Terancam Sulit Tentukan Calon di Pilgub Jabar

Roni Kurniawan    •    Rabu, 13 Sep 2017 16:57 WIB
pilkada serentakpilgub jabar 2018
Poros Baru Terancam Sulit Tentukan Calon di Pilgub Jabar
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com, Bandung: Koalisi Poros Baru yang terdiri dari Partai Demokrat, PAN dan PPP belum menentukan sosok yang bakal diusung di Pilgub Jabar 2018 mendatang. Dengan rencana bergabungnya Gerindra, poros empat partai ini semakin terancam kesulitan menentukan calon.

Jika Gerindra bergabung, maka koalisi akan bertambah gemuk. Sebab koalisi akan mengumpulkan 37 kursi DPRD Provisi Jabar dengan rincian Demokrat 12 kursi, PAN 4 kursi, PPP 9 kursi dan Gerindra 11 kursi.

"Secara teorinya sih bisa begitu (sulit menentukan calon). Tentunya makin banyak suara makin banyak kader," kata Ketua DPD Demokrat Jabar, Iwan Sulandjana saat dihubungi lewat telepon, Rabu 13 September 2017.

Poros baru plus Gerindra akan menjalin komunikasi dalam waktu dekat. Terutama siap jagoan dari masing-masing partai. Gerindra yang rencananya baru akan bergabung juga bakal dijajaki.

"Kita pengen tahu siapa kadernya," kata dia.

Koalisi memang harus mempertimbangkan kader atau tokoh yang bakal diusung tiap partai. Apalagi, Gerindra mempunyai dua orang yang kerap digadang-gadang maju di Pilgub Jabar, Deddy Mizwar dan Ketua DPD Gerindra Jabar, Mulyadi.

Iwan berharap setiap partai yang tergabung dalam koalisi harus legowo jika kadernya tak terpilih untuk diusung. Ini pula yang bakal menjadi pembahasan utama dalam koalisi poros baru sebelum empat partai sepakat jalan beriringan.

"Memang nanti diantara kita memang harus ada yang mengalah, tapi targetnya menang bersama," pungkas Iwan.


(SUR)