Zulkifli Hasan Tolak Pelemahan KPK

Ahmad Rofahan    •    Senin, 11 Sep 2017 18:32 WIB
angket kpk
 Zulkifli Hasan Tolak Pelemahan KPK
Ketua PAN Zulkifli Hasan. MTVN/Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan, menolak dengan tegas gerakan yang bertujuan melemahkan Komisi Pemberantan Korupsi (KPK). Menurutnya, apapun bentuk pelemahan KPK harus dilawan.

“Yang memiliki tujuan untuk membubarkan atau pelemahan KPK, kita tolak dengan tegas,” kata Zulkifli di Cirebon, Senin 11 September 2017.

Mengenai hak angket yang diajukan DPR terkait kinerja KPK, Zulkifli mengaku tidak akan mendukungnya jika tujuannya untuk melemahkan atau bahkan membubarkan KPK. Menurutnya, lembaga antirasywah itu harus diperkuat, bukan malah dilemahkan apalagi dibubarkan.

“Kalau tujuannya untuk memperkuat, kita dukung,” kata Zulkifli.

Zulkifli menyarankan kepada pemerintah atau lembaga lainnya, untuk lebih memikirkan permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Kasus kematian bayi yang meninggal karena telatnya penanganan rumah sakit, seharusnya menjadi perhatian serius.

“Semuanya harus bertanggung jawab atas kasus tersebut. Bupatinya, gubernurnya, pemerintahnya dan anggota DPR-nya, semuanya bersalah,” kata Zulkifli.

Zulkifli menuturkan, Negara telah bersumpah untuk melindungi warga negaranya, sehingga ketika ada warga yang meninggal karena tidak bisa bayar rumah sakit, hal tersebut merupakan kesalahan negara. Apalagi konstitusi sudah menjamin hal tersebut. 

“Rumah sakitnya juga seharusnya mendapatkan sanksi yang berat,” ujar Zulkifli.


(ALB)