Gempa Terasa, Warga Majalengka: Seperti Hentakan Keras

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 29 Aug 2017 10:57 WIB
gempa
Gempa Terasa, Warga Majalengka: Seperti Hentakan Keras
Ilustrasi gempa, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Majalengka: Guncangan gempa terasa di Majalengka, Jawa Barat, pada Selasa pagi 29 Agustus 2017. Warga pun khawatir bila guncangan kembali terasa.

Tata Sutasna, warga Desa Mekarharja Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka, mengaku merasakan getaran yang sangat keras sekitar 3 hingga 5 detik. Gempa yang ia rasakan, bukan seperti goyangan. Namun seperti ada hentakan benda besar yang jatuh ke bumi.

"Seperti hentakan, keras banget," kata Tata melalui sambungan telepon kepada Metrotvnews.com.

Tata mengaku terkejut saat merasakan guncangan. Ia yang saat itu sedang berbaring santai di rumahnya, langsung lari keluar bersama warga lainnya. Tidak sedikit warga yang keluar sambil membaca tasbih.

"Kami keluar sambil baca Subhanallah. Kaget banget, besar sekali soalnya getarannya," ujar pria yang menjadi Kasi Pemerintahan Desa Mekarharja ini.

Untuk saat ini, Tata mengaku belum mendapatkan laporan kerusakan dari masyarakat.

Sementara itu, Kepala BMKG Wilayah II Tangerang , Joko Siswanto, mengatakan gempa yang mengguncang Majalengka berjenis tekntonik. Gempa bermagnitude 3,0 SR.

“Wilayahnya berada di darat pada 18 KM Tenggara Majalengka,” kata Joko melalui pesan singkat.

Menurut Joko, gempa terjadi akibat aktivitas sesar lokal di daratan Jabar. Hingga berita ini dimuat, lanjut Joko, ia belum mendapat laporan kerusakan.


(RRN)