Baznas Jabar Menargetkan Mengumpulkan Rp230 Miliar

Jaenal Mutakin    •    Selasa, 13 Jun 2017 16:09 WIB
baznas
Baznas Jabar Menargetkan Mengumpulkan Rp230 Miliar
Ilustrasi -- MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Bandung: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat menargetkan, bisa mengumpulkan zakat fitrah, zakat mal, infak, dan sedekah sebesar Rp230 miliar selama Ramadhan 1438 Hijriah. Jumlah tersebut naik dibanding tahun lalu, yaitu Rp217 miliar.

"Menurut Irfan Syauqi Beik, ahli ekonomi Islam, potensi zakat di Jawa Barat itu terbesar di Indonesia, yakni mencapai Rp17,6 triliun. Kalau potensi se-Indonesia sekitar Rp217 triliun," kata Ketua Baznas Jabar Arif Ramdani di Bandung, Jawa Barat, Selasa 13 Juni 2017.

Namun, lanjut Arif, banyak warga Jabar yang belum paham akan kewajiban berzakat dalam agama maupun dalam kehidupan sosial. Sehingga, potensi sebesar itu belum seluruhnya dapat terserap.

Terpisah, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, membayar zakat dapat membersihkan sekaligus menumbuhkan harta. "Membayar zakat akan menambah rezeki kita. Jadi, jangan takut rezeki kita berkurang karena zakat," jelasnya.

Membayar zakat, kata Aher, mampu mengurangi ketimpangan ekonomi dan sosial di masyarakat. Selain itu, juga akan terwujud pemerataan kekayaan.

"Membayar zakat itu bagai menanam sebutir benih yang tumbuhnya tujuh bulir," ujarnya.


(NIN)